Opini

Empat – eL – Empat – Ye = ALAY .

10.56.00 Rizky Ashyanita 8 Comments


ALAY =  4L4Y.
Siapa coba yang ALAY ? Angkat kaki #ehh. Jangan gundah, jangan risau dan gak perlu galau. Alay itu suatu proses menuju kedewasaan, katanya seseorang sih *pasti tau* :D  Anak muda di jaman modern seperti ini dulunya pasti  pernah ALAY *yang gak berarti gak normal :D*

Saya  juga gak tau apa definisi sebenarnya dari kata yang terdiri dari empat huruf itu. Alay merupakan singkatan dari “ Anak Lebay”. Lebay sendiri dapat diartikan berlebihan Jadi, menurut saya sih Alay itu Anak yang berlebihan. Kenapa saya dapat berpendapat demikian? Karena setiap ada orang yang berlaku berlebihan pasti dibilang alay. Gak kelakuan, foto ataupun tulisannya. 
Alay itu relativ, tergantung orang yang menilai :D Kalo saya yang menilai, Alay itu ada beberapa macam. 

1.    Alay berdasarkan tulisan
Alay yang ini pasti semua orang tau. Alay berdasarkan tulisan ya yang tulisannya kayak plat nomer gitu,  ex : “ aQoe CinDTh4 QaMo3 CeL4M4nY4”. Duh, itu gak capek ya orang yang nulis Capslock “on” Capslock “off”, kelamaan cuy :D . Ada juga yang nulisnya disingkat – singkat jadi berkesan alay,  ex : aq, qm,  Xm,. Sebenernya sih gak alay, Cuma kalo diliat matanya jadi sakit :D . Saya pernah tau ada artis yang masih pake “aq” untuk menuliskan “aku”. Artis tersebut juga menggunakan tanda * untuk menggandakan katanya *maksudnya?*, ex :  “Aku buru* nih “, ya mungkin si artis males nulis panjang - panjang. Eh, gak Cuma itu aja, yang satu ini banyak dilakuin pengguna BB, biasanya sih masii pengguna baru, yups “ AUTOTEKS”. Duh, saya bingung kalo di sms ato dapet mensyen dari  BB user. Autoteksnya keluar bok, jadi kotak – kotak deh di hape saya . Gak Cuma masalah kotak – kotaknya sih, tapi kadang bentuk tulisannya itu hlo, ada teks diatas, ada teks dibawah, kadang juga dibalik – balik. Susah bacanya, bikin sakit mata. Tapi mereka semua gak merasa alay, emang benerkan alay itu relativ, tergantung orang yang menilai suatu kealayan tersebut (y) :D
Ini kayaknya pengguna BB baru :D
2.    Alay berdasarkan foto
Nah, kalo alay ini kata temen saya yang gaya fotonya itu (untukcewek) jari telunjuknya diletakin dibibir terus bibirnya agak sedikit manyun dan ambil anglenya itu dari atas. Ada juga yang bilang yang gaya fotonya itu (untukcowok) rambutnya dibikin kaya An*ika kang*n band terus gak pake baju atas jadinya cuma pake singlet doang *maksud mereka foto gitu apa ya?*. Gak Cuma gaya foto sih, foto di edit menurut saya juga alay, tapi kalo yang ini tergantung kadar pengeditannya. Kalo yang diedit matanya keluar darah, pipinya dikasih merah – merah, bulu matanya ditambahin, terus backgroundnya ada bling-blingnya gitu menurut saya alay, gak bersyukur banget ama ciptaan tuhan *sokbijak*. Yah, bisa dibayangin sendirilah gimana itu bentuk fotonya :D

Amit-amit jabang bebi deh.
3.    Alay berdasarkan kelakuan.
Alay yang ini menurut saya seperti majas hiperbola, jadi kelakuan yang dilebih –lebihin gitu. Kaya temen saya, cuma kesenggol doang bilangnya mau “VISUM”, apaapaan ini? *pisshlo*.  Terus ada juga orang yang khawatir itu sumpah jadi kemana –mana, ex : “ Ntar kalo dia gak ada temennya gimana? Kalo disana gak ada makanan gimana? Kalo dia sakit gimana? Dan blaa blaa blaaa”, biasanya yang seperti ini ya makhluk-makhluk Non- jomblo :D Orang yang mengagumi sesuatu terus di puji-puji, ngehina yang lain, bahkan sampai dibela-belain mati untuk sesuatu yang dikaguminya itu menurut saya juga alay *hidup Cuma sekali guys jangan dibikin susah*. Ada juga yang style berpakaiannya itu boleh dibilang rempong :D Misal : diacara sekolah temen lain dandan sederhana dianya dandannya melebihi penyanyi diacara kondangan, ada juga yang Cuma ke acara pernikahan pakai gaun yang panjangnya hampir 5 meter :D Kalo sobat pernah liat sinetron putih abu-abu kayak Miss Janet ama Maminya Angel Malaika :D

Nah, gimana sobat? Kalian termasuk alay yang mana? Hehehe… Tulisan saya diatas berdasarkan pengalam saya,mungkin menurut saya begitu tapi menurut sobat – sobat gak begitu, gak masalah dong ya.  Gak perlu galau kalo kalian dulunya alay, saya dulunya juga pernah alay kok, tapi Alhamdulillah sekarang udah kembali kejalan yang benar. Ya intinya itu kita introspeksi diri kita aja. Kalo kita alay, kealayan kita membawa suatu kebaikan atau tidak? Kalo sobat jawabnya tidak, ya berubahlah mulai dari sekarang. Kalo sobat jawabannya iya, lanjutin aja alaynya, toh Negara juga gak ngelarangkan :D So, tentuin pilihan kalian dari sekarang ! Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

8 komentar:

  1. hahaha... great observation.. jarang-jarang lho ada orang yang mau mengamati komunitas 4L4Y.. jempol deh buat kamu :thumbup

    BalasHapus
    Balasan
    1. ecie, dibaca o :D
      hla kepikiran e kui og :D

      Hapus
  2. hahahahaha :D aku alay kabeeh -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa, aku yo ALAY kok *tapisitik* :D

      Hapus
  3. Mbak saya mau mengakui kalau saya alay dalam perbuatan dan tindakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa, kadang alay itu datang dengan sendiri tanpa kita undang :D

      Hapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)