DIY

Belajar bikin komik “ Camera and The Dreamland “

11.44.00 Rizky Ashyanita 3 Comments


Aooo, aooo, aooo *nyapakayakteletubies*
Lama nih gak nengokin blog ini, udah banyak banget aja sarang laba – labanya *bersih-bersih*
Karena lamanya sampe bingung sendiri mau posting apa, gak ada inspirasi gitu deh, gak ada unek – unek juga yang mau disampein, enaknya posting apa ni? *garuk-garukkepala*
Krik …krikk… krikkk…kriiikkkk…
Kenapa jadi hening gini? jawab kek? -___-
Okelah, karena gak ada yang mau bantu saya jawab, saya putusin untuk ngisi postingan kali ini dengan cerita saya bikin komik manusia :D
Simpan dulu pertanyaan yang ada dikepala kalian, komik manusia ini maksudnya komiknya itu isinya bukan gambar kartun tapi gambar manusia asli, kek foto gitu deh :D


 Komik ini saya buat untuk memenuhi tugas Seni Budaya pada waktu kelas 11 dulu. Namanya juga pemula, ya maklumlah kalo hasilnya jelek. Tapi bangganya saya karena semua yang ada dikomik itu murni hasil karya saya dan teman – teman saya, tanpa ada sedikitpun sentuhan tangan orang lain. Mulai naskah, foto, editing, layout,pokoknya semuanya itu saya dan teman – teman yang buat, kecuali proses mencetaknya. Sebenernya sih waktu itu mau dicetak sendiri, tapi apa daya printernya pada ngambek gak mau diajakin kerja sama, ya terpaksa harus minta bantuan orang lain :D

Mulai dari proses pemotretan aja udah banyak kendala, ada yang pulang kampunglah, ada yang pergi kemanalah, ada – ada aja pokoknya. Jadinya gak bisa lengkap foto berenam. Proses pemotretan saja kira – kira memakan waktu 3 hari dengan 3 setting yang berbeda. Lanjut proses editing dan layouting, proses editing dan layouting ini yang paling banyak memakan waktu. Pada mau digimanain foto – fotonya biar bisa jadi kaya komik. Namanya juga bukan desiner buku, majalah, ataupun komik, jadi kami ya bisanya cuma bingung. Ada yang nyaranin pake comic life, setelah dicoba fotonya gak bisa masuk semua alias harus dicrop, gak bisa nih harus pake cara lain. Saya baru inget, dulu waktu SMP saya pernah disuruh bikin Majalah untuk pelajaran Bahasa Indonesia, dan saya bikinnya cuma pake Microsoft Word tapi hasilnya lumayan sih. Ya akhirnya kami memutuskan untuk membuatnya pake Microsoft Word aja dengan sedikit polesan menggunakan Photoscape, maklum kelompok kami gak ada yang laki – laki dan parahnya lagi gak ada yang bisa ngedit lewat Corel ataupun Photoshop u,u 

Hari berganti hari, dan selesailah proses editing dan layouting, dan proses selanjutnya adalah recording buat pptnya ( soalnya harus dipresentasikan juga). Proses recording berjalan cukup lancar tanpa adanya halangan yang berarti. Setelah kami anggap selesai semua sekarang waktunya proses mencetak. Seperti cerita saya diawal, sebenernya sih pengen dicetak sendiri pakai printer lebih murah, tapi apa daya kami printernya mendadak ngambek dan hasilnya gak maksimal. Bukan dengan keterpaksaan tapi dengan kesadaran akhirnya kami mencetakkan saja komik bikinan kami tersebut. Dan taaaaraaaaaa ini hasilnya,…..
Nb : Jangan dihina ya kalau jelek, namanya juga pemula :)


Camera and the Dreamland

Ngapain ya tuh?
Mikir apaan sih ?

ecie -__-

Komiknya ukuran jumbo :D

Kalo ada yang pengen baca atau liat - liat bisa download disini -- > KLIK !l

You Might Also Like

3 komentar:

  1. Tunggu dulu didownload ya... baru saya lanjut komentar.

    BalasHapus
  2. Wah, niat nih bikin komiknya... Sayangnya semua pemerannya cewek, ya? Hahahaha... :D
    OK, salam kenal!

    BalasHapus
  3. maklum, buat tugassekolah :D
    jelek anget tuh, maklum amatiran :D
    iye, kelompoknya cewek sendiri cowok sendiri :D

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)