Agribusiness

I Proud to be an Agriculture Student ^^

13.48.00 Rizky Ashyanita 3 Comments

Ini pas camping di Wonosari, ada mata kuliahnya kok :D

Hasil seleksi SBMPTN yang telah saya jalani ternyata menakdirkan saya untuk menjadi mahasiswi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Awalnya emang saya rada gimana gitu ketrima disitu meskipun saya udah berusaha bersyukur dan menerimanya. Agribisnis paan dah? Pertanian, eeeuh banget. Brawijaya, idiiiiih gak banget. Saya gak pernah berpikiran masuk dijurusan yang gak saya ketahui dan saya pahami itu. Saya dari dulu ngejar gizi, gizi, dan gizi. Tapi ketika saya berusaha dengan keras ngejar itu gizi, gizi itu berbanding lurus berusaha juga untuk nolak saya. inget cerita saya yang tes poltekes? Soal semudah itu tapi saya gagal? Iya, soalnya saya ambilnya gizi. Sepertinya memang saya tidak ditakdirkan Tuhan untuk bisa masuk di gizi dan Tuhan lebih meridhoi saya masuk ke Agribisnis.

Ini pas fieldtrip Dasar Ilmu Tanah

Apa yang bisa dibanggakan dari mahasiswa Pertanian?

Ini pas camping di Kebun Teh Wonosari

Iya, itu pertanyaan pertama yang saya pikiran ketika saya ditakdirkan menjadi mahasiswa agribisnis, apa yang bisa saya banggakan? Coba kalau saya jadi mahasiswa kedokteran, kan keliatannya gimana gitukan, mahasiswa hukum juga wow gitu. Nah ini mahasiswa agribisnis pertanian? Apa petani? Kuliah mahal – mahal kok cuma jadi petani? Ternyata bukan orang luar aja yang memandang sebelah mata mahasiswa pertanian, calon mahasiswanyapun juga memandang sebelah mata -__-  

Kalau udah lulus jadi Sarjana Pertanian, mau jadi apa?

nanam jagung :D

Itu dulu juga sempat mengganggu pikiran saya.kalau saya sudah lulus saya mau kerja apa? Mau jadi petanikah?  Percuma dong kuliah jauh, bayar mahal – mahal kalau jadi petani? Auk, deeeh -__-

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu saya bangga dan saya bersyukur bisa masuk di jurusan dan fakultas saya sekarang. Saya bisa lebih mengenal pertanian lebih dalam, suka dukanya para petani yang gak pernah difikirkan sama orang – orang kebanyakan, mensyukuri segala apa yang dianugerahkan Tuhan, dan mempelajari hal – hal sepele tapi itu sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Contohnya aja nih ya, di semester dua saya belajar Tanah. Siapa coba yang mau-maunya belajar hal sepele semacam itu? Dan asal kalian tau aja ya, ternyata tanah itu bagian utama dari kehidupan kita. Coba aja gak ada tanah, dimana para petani mau nanam? Kalau petani gak bisa nanam berarti petani gak  bisa panen. Kalau petani gak panen berarti gak ada bahan makan. Kalau gak ada bahan makan terus kita gak makan dong? Kalau kita gak makan kita kelaparan. Kalau kita kelaparan kita bisa ma** dong? Ya kan? Itu salah satu alasan mengapa sekarang saya bersyukur banget bisa jadi bagian dari keluarga besar mahasiswa pertanian.

Ini pas kunjungan di McD

Gak hanya itu aja gais, belajar di fakultas pertanian itu seru. Kita langsung turun ke sawah, langsung belajar bareng petani, dan bisa jalan – jalan gitu waktu fieldtrip. Setiap seminggu sekali aja nih saya praktek di kebun uji coba FP belajar menanam, memberi pupuk yang benar, dan merawat tanaman. Ketika mau ujian saya fieldtrip ke tempat – tempat indah. Saya juga ada camping gitu ke kebun teh dan melihat proses pembuatan teh. Saya juga ke pabrik Bakpao telo untuk belajar SPAT. Waktu itu juga saya pernah kunjungan ke McD terus buat burger sendiri. Gimana? Serukan masuk di fakultas pertanian. O iya, ketika saya praktek menanam hasilnya itu kita panen sendiri loh. Jadi habis kita panen jagung dan ubi jalar yang udah berbulan – bulan kita tanam, kita bakar – bakar jagung bersama. Serulah pokoknya belajar di fakultas pertanian.

Pertanian punya radio sendiri dong :D

Untuk pekerjaan sendiri saya juga udah gak sebingung dulu lagi. Lulusan agribisnis bisa kok kerja di bank, buat usaha sendiri, kerja di pabrik agribisnis, kerja di pabrik pertanian, banyaaaaak lah pokoknya. Dapet kerja atau enggak itu sebenernya juga tergantung dari kita sendiri. Kalau kitanya rajin nyari, terus punya banyak chanel, mau berusaha, insyaallah kita dapat kok pekerjaan yang kita ingin i.

Horeee, panen kedelai :D

Sebenernya mau jurusan apapun, dimanapun kita kuliah, kalau kita sungguh – sungguh dan menekuni bidang kita itu kita bakal berhasil meraih apa yang kita inginkan. Kalau belum – belum kita udah gak suka dan gak mencoba untuk suka jurusan tersebut, saya yakin kita kuliahpun gak akan enjoy dan hasilnya pasti jauh dari harapan. So, menurut saya apapun yang telah kita terima dari Tuhan kita harus syukuri, kita harus bersungguh – sungguh, dan kita harus cinta jurusan kita tersebut niscahya apa yang kita kerjakan akan diridhoi sama Tuhan dan kita akan mendapat hasil dari apa yang kita kerjakan.  

Kurang cerita dari saya? cob abaca ini deh (klik sini)

Bagaimana? Masih ragu menjadi mahasiswa Agribisnis? Udah mandi dulu sana #inipahubungannyaya, hehehe

Nungguin yang lain foto - foto dulu :D
( dari kiri ke kanan : laras, linda petriyana, ekky, Saya, Farah )

Sekiaaaan,
Salam manis dari MATA KODOK :*

You Might Also Like

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Suka sekali aku sama tulisanmu dik. Memulai dari nothing menjadi something. Saya juga alumni FP UB. Alhamdulillah, sekarang mendapat amanah sebagai corporate communications di salah satu BUMN terbesar di tanah air. Tetap semangat ya, chayo pertanian

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)