Event

[Event] SKB ( Sekolah Kebangsaan Brawijaya ) 2014

21.53.00 Rizky Ashyanita 8 Comments


Daftar koreksian tugaaaas -___-

Tanggal 8 dan 9 November 2014 adalah hari yang saya tunggu-tunggu setelah hampir satu tahun kuliah di Brawijaya. Akhirnya penantian panjang itu terbayarkan juga dihari itu. Yup, SKB atau yang biasa disebut Sekolah Kebangsaan Brawijaya. Kalau setahun yang lalu harusnya saya jadi anggota SKB 2013, karena saya banyak tugas dan gak screening jadinya saya gak bisa jadi bagian dari SKB 2013. Nyesel sih, tapi mau gimana lagi. Tugas kuliah itu pertanggungjawaban sama orang tua. Dan kalau udah nyangkut orang tua itu susah kalau nolaknya. Tapi dengan izin Allah akhirnya tahun ini saya bisa menjadi bagian dari SKB 2014. Yah, meskipun bukan jadi peserta setidaknya materi dan ilmu dari SKB itu bisa saya dapetin sekarang. Gak ada kata terlambatkan untuk mendapatkan ilmu, meskipun itu udah telat setahun, tapi setidaknya saya dapet materi itu daripada tidak sama sekali? Hayooolooooh

Apasih sebenernya SKB itu?

Jadi, SKB itu merupakan salah satu rangkaian acara dari PK2Maba Universitas Brawijaya yang ingin menciptakan para generasi – generasi muda Brawijaya yang benar-benar akan mengabdi untuk negeri. Oleh karena itu, SKB 2014 mempunyai  jargon “Dari Brawijaya untuk Indonesia”. Harapannya semua alumni SKB 2014 dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa ini.

Lumayan, dapet godiebag, pulpen, sam blocknote unyuuu

Di SKB ini banyak didatangkan pemateri – pemateri hebat yang menyampaikan materi-materi hebat pula. Seperti mantan ketua BEM UI, mantan ketua BEM UNS, mantan pejuang muda 1998, dan masih banyak lagi pemateri hebat lainnya. Materi yang disampaikan juga tidak kalah hebat seperti Manajemen isu, Propaganda dan Manajemen Aksi, Leadership, Dinamika Sosial, Personality juga tidak lupa disampaikan pada acara itu.

Diacara itu para peserta juga dituntut aktif untuk mengutarakan argumentnya lewat SGD ( Small Grup Discussion ) mengenai isu kenaikan BBM. Selain itu para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi aksi. Tak ketinggalan disetiap materi juga diadakan post test yang tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pemahaman para peserta terhadap materi.

Trus, Mata Kodok kalau gak jadi peserta jadi apa dong di SKB 2014?

Ngomong jadi apa di SKB 2014 saya juga bingung jadi apa di SKB. Kalau dibilang panitia sih enggak, soalnya panitia SKB ini dari panitia PK2Maba dan saya bukan panita PK2Maba. Jadi, saya disini membantu panitia menjadi mentor atau pendamping para peserta selama acara berlangsung. Tugas mentor disini kaya ngasih penilaian terhadap para peserta yang aktif, mengevaluasi tugas mereka, mengarahkan dan mengingatkan mereaka agar fokus ke materi, dan mendampingi mereka ketika diskusi ataupun simulasi.

Kagum banget sama anak ini, Dia difable tapi semangaaatnya ngalahin orang normal ^^

Sejujurnya saya bingung kepada orang-orang yang menunjuk saya sebagai mentor, soalnya kalau boleh dibilang saya adalah orang yang tidak terlalu paham dengan materi keaktivisan begituan dan saya bukanlah orang yang bisa memberikan pandangan untuk sebuah isu yang kekinian. Gara-gara saya jadi PSGK nih saya bisa kepilih jadi mentor. Saya sebenernya adalah cinderella awam yang hanya tau mencari sepatu kaca saja. Jadi sewaktu saya diminta menjadi mentor, saya dipaksa belajar sedikit agar tidak malu-maluin sewaktu jadi mentor *maapaib*

Tiga, tiga, tiga persatuan Indonesia :D

Tapi saya seneng juga bisa jadi mentor gitu. Saya bisa kenal kepada adek – adek SKB 2014, saya bisa dapet materi, dan saya juga bisa baca pemikiran – pemikiran dari adek – adek SKB 2014. Kebetulan saya adalah mentor dari kelompok 3. Kelompok 3 itu pas hari pertama kurang aktif bertanya atau menyampaikan argument mereka, tetapi pas waktu hari kedua hampir semua anggota kelompok 3 aktif bertanya. Selain mereka aktif-aktif mereka juga merupakan pemimpi besar. Sewaktu ada tugas tentang mimpi mereka, banyak adek-adek SKB 2014 yang menuliskan mimpi-mimpi yang besar dan apabila itu dapat terwujud kesejahteraan pasti akan terjadi. Yah, mudah-mudahan mereka dapat mewujudkan mimpi-mimpi tinggi mereka. Setidaknya kalau mereka jatuh mereka masih akan jatuh diantara bintang-bintang, ceilaaaah

O iya, kalau PSGK apaan ya?

PSGK itu kepanjangan dari Pusat Studi Gerak dan Kajian. Di Eksekutif Mahasiswa UB 2014 setiap kementrian itu terdapat perwakilan beberapa orang menjadi anggota PSGK dan dari PIK ( Pusat Informasi dan Komunikasi) sayalah yang terpilih menjadi anggota PSGK. Nah, tugas PSGK disini adalah mengkaji segala isu yang ada di UB maupun Indonesia. Kita ber 16 orang berkumpul dan berdiskusi tentang isu terkini yang ada, apa yang bisa kita lakukan dan apa yang harusnya mereka lakukan. Sebenernya kalau mau bahas PSGK Kadang saya malu sendiri, setiap kali kumpul selalu aja saya gak bisa ikut. Maklum, mahasiswa pertanian nyawah mulu, jadi gak bisa ikutan kumpul. Makanya dibandingkan dengan ke 15 teman PSGK mungkin saya yang ilmunya masih cetek. Berharap aja sih nanti dikemudian dikumpul PSGK saya bisa dateng. Soalnya udah kaya merasa jadi keluarga banget nih gara – gara SKB ini.

Hai Keluarga PSGK 2014 :)

Ngomong lagi tentang SKB, SKB 2014 itu masih mempunyai dua rangkaian acara lagi diluar acara tanggal 8 dan 9 November 2014 kemarin. Jadi rencananya kita ditanggal 17 November akan berkunjungke gedung DPRD Jatim dan tanggal 29 November kita akan mengadakan acara puncak SKB 2014.

So, buat siapapun yang baca ini yang penasaran dengan dua rangkaian acara SKB selanjutnya, pantengin aja updatean-pdatean terbaru di blog ini. Semoga kalian tetap setia menanti.

See you, have a nice dreaaam ^^
Selamat hari Pahlawan semuanyaaaa 

You Might Also Like

8 komentar:

  1. Jadi belajarnya itu karena terpaksa yaaak? :p

    BalasHapus
  2. Nyimak. Semoga sukses acaranya, yaaaa. Jaga kesehatan biar tetep fit jalanin kegiatannya. Oke, yang ini modus. Bahahahahaha.

    BalasHapus
  3. Sekolahnya keren abis. Semoga makin sukses dan bisa mengharumkan nama sekolah dengan kegiatan yang manfaat yak. Semangat terus membuat banyak prestasi untuk negeri^^

    BalasHapus
  4. Sukses ya buat acaranya. Pangeran nungguin keseruan selanjutnya.

    BalasHapus
  5. Wih, telat setaun tetep enggak meluluhlantahkan semangat kak kiki yak :P Ya meskipun ikut jadi mentor cuma demi materi-materinya sih, sama tp-tp ke adek tingkat *ehhh

    Tadinya aku pikir skb itu acara yang mempelajari tentang sejarah Indonesia, tapi ternyata semacam character building yak? Eh, itu masuk acara ospek bukan? Atau, masih rentetan dari ospek?

    BalasHapus
  6. acara skb nya keren kak, , ^_^ di kampus aku blom ada, , :)

    BalasHapus
  7. semoga semangatnya bisa tersalurkan dan diterapkan di dunia pembelajaran sehari-hari juga, karena banyak aktifis yang ketika aksi ngomong panjang lebar tentang korupsi sementara pas uts mereka masih nyontek, nah lo

    selamat dan semangat yang masih jadi agent of change :D

    BalasHapus
  8. wah jadi inget jaman dulu juga ikutan pelatihan semacam itu.asik dong bisa jadi mentornya..dinikmati saja yahhh...masa masa kuliah itu masa paling pas untuk mencoba hal hal baru bersama teman teman..kalo udah kerja udah nggak sempat, sibuk cari uang..hehehehe

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)