Mini Bazar Rancangan Usaha Agribisnis 2015

by - 23.03.00

Menjadi seorang mahasiswa pertanian bukan sebuah cita-cita saya sewaktu SD, SMP, atau bahkan SMA. Tetapi takdirlah yang menjadikan saya sebagai seorang mahasiswi pertanian tepatnya seorang mahasiswi agribisnis. Kalau teman – teman ada yang belom tau apa itu agribisni, coba buka di google, disana banyak kok penjelasannya, jadi jangan khawatir :D

Sebagai seorang mahasiswa agribisnis saya dan teman – teman saya dituntut untuk mampu semaksimal mungkin memperbaiki sistem pemasaran hasil pertanian, mengolah hasil pertanian agar memiliki nilai tambah, dan tentunya dapat memanajemen hasil pertanian tersebut. Dari itu akhirnya lahirlah sebuah dedek bayi mata kulih yang bernama Rancangan Usaha Agribisnis. Di mata kuliah itu saya diajarkan untuk membuat suatu rancangan usaha dalam bidang pertanian dengan tetap memperhatikan aspek agribisnisnya.

Jadi, di mata kuliah itu dibagi menjadi beberapa kelompok dengan enam anggota pada masing – masing kelompok. Nah, setiap kelompok tersebut harus membuat produk yang berasal dari bahan hasil pertanian. Produk ini boleh berupa makanan, atau apapun yang terpenting dapat memiliki nilai tambah ketika dijual. setelah melakukan sidang pemilik saham, akhirnya kami memutuskan untuk membuat sebuah produk yang menginovasi dari jajanan tradisional yaitu klepon yang kami berinama “ JAPONESE “.

Logo JAPONESE

Japonese ini merupakan kepanjangan dari Jagung Klepon Es yang ketika pertama kali dikonsep merupakan sebuah klepon dengan es krim didalamnya. Tetapi setelah melakukan beberapa kali tial eror yang hasilnya selalu eror, akhirnya kami mengubah konsepan awal tersebut. Karena nama japonese dapat diartikan dengan banyak versi dan ketidakmampuan kami merealkan konsepan awal tersebut, kami kemudian membuat japonese dengan konsep lain yaituklepon biasa dengan dalamnya cokelat dan irisan jagung lemput yang tetap dibaluri dengan kelapa parut dan ditambah topping es krim vanila dan ekstrak jagung. Dengan konsepan kedua inilah akhirnya sosok japonese benar – benar terlahir di dunia, bukan hanya sekedar angan – angan. Gak hanya itu aja, Japonese juga memiliki beberapa filosofi dari beberapa warna yang ditawarkan. Kalo warna Hijau itu menggambarkan keadaan kita lagi gak ada duit alias bokek, warna hitam menggambarkan suasana galau kita sebagai mahasiswa yang banyak tugas,warna merah menggambarkan suasana hati kita yang berbunga-bunga karena jatuh cinta, dan warna kuning menyimbolkan persahabatan. Dalam penyajiannyapun, agar filosofi itu juga dimengerti oleh para konsumen, kita memberikan bendera kecil di tusukkan japonese dan diberi quote - quote lucu gitu biar pesan yang kita sampaikan tersampai dengan jelas kepada konsumen.

Japonese

Dan pada 19 April 2015 kemarin, kita semua mahasiswa agribisnis mengadakan sebuah mini bazar untuk memperkenalkan produk yang telah kami buat dengan konsepan yang berbeda-beda pada setiap kelompok. Dan pada hari itulah pertama kalinya saya dan tim japonese menjual japonese ke khalayak umum. Sebelum hari H itu, saya sempat membuat beberapa social media untuk Japonese. Biar japonesenya ngeksis jugalah ya gak hanya mata kodok aja yang ngeksis :p Follow ig, ask.fm, dan twitter japonese ya di @japonese2015 , japonese baik kok, pasti di folbek :)

Ngelihat respon dari beberapa teman yang saya promoiin kok kayanya tertarik, saya semakin pede dengan produk saya ini dan ketika kami jualan ternyata produk japonese laris manis. Yang seharusnya kita hanya diminta menjual 30 produk, tim japonese berhasil menjual 45 produk, Alhamdulillah, dan kabar baiknya, setelah kami selesai bazar mini itu masih ada orang – orang yang menannyakan produk japonese, ternyata produk japonese diterima di masyarakat FP :D

Follow ig japonese ya @japonese2015

Sebenarnya banyak produk dari teman – teman yang lucu – lucu dan unik – unik tapi gak bisa saya jelasin panjang lebar disini, soalnya saya belom di endorse sama mereka nih, kalo udah di endorse ntar saya bakal promoin habis – habisan deh :p
Nih sedikit bonus gambarnya produk kelompok lain biar gak penasaran :p

Ini sate dari biji nangka

Maaf, isinya udah abis lupa gak di foto dulu.
itu tadi nugget dari pisang.

Ini teh kopi, jadi ini? hehe

Tenang, ini baru sebagian kecil dari produk teman - teman agribisnis, masih buaaanyaaaak lagi. Penasaran? Berminat nyoba? Tunggu bazar besar kita dibulan mei nanti yak :p

You May Also Like

26 komentar

  1. Ashya kenapa unik banget Japonese-nya. Pengen nyobain, nih..

    BalasHapus
  2. ooo ternyata agribisnis seperti itu, saya baru tahu. Dari gambarnya kelihatannya enak, saya jadi pengen. Ternyata anak agribisnis kreatif y, keren. Kalo saya ke perpustakaan, minjem buku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, anak agribisnis itu bisa semuanyaaa :D

      Hapus
  3. hadduuuhhh aku mau dong icipin Japonese-nya... :D
    kayaknya kok enak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini sini ke malang, aku kasih gratis :D

      Hapus
  4. Awalnya gue kira makanan jepang, japanese tp Japonese haha. idenya asik sih, kalo diterusin bisa tuh jadi peluang usaha

    Btw, ini agribisnis mana? IPB? Kalo iya, satu almamater nih kita haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya gitu, doain aja yaaa :D

      aku agribisnis ub malang, gak satu almamater -__-

      Hapus
  5. Sama nih kayak komennya bang doni, ternyata makanan dari klepon. Bayangin makan klepon dalemnya es krim sih kayaknya enak ya mungkin kayak makan mochi yang dalemnya es krim. Tapi gagal deh

    Produk lainnya juga bikin penasaran nugget pisang, sate biji nangka. Biji nangkanya diapain ya bisa jadi sate gitu. Ya udah deh semoga dagangannya nanti laku dan sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..
      biji nangkanya di campur daging gituu deh :D

      Hapus
  6. Kalo nugget pisang udah sering liat deh kayaknya. Itu Japonese nya menggoda banget Ky, hahaha *ngiler*

    Jadi setelah ini jangan mandek dong, eman. Lagian keeksisannya di media sosial udah gak diragukan lagi. InsyaAllah rame deh. Jangan lupa kalo kopdaran dibawa yah!!!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap om, nanti kalo ada modal dan temennya bakalan diterusin kok :D
      siaaap komandan :D

      Hapus
  7. Wah keren nih jadi bisa belajar berwirausaha juga.
    dari produk yang lo luncurkan, mendengar dari penjelasan apa itu japones, gue jadi tertarik mau ngicipin klepon modern,kayanga enak juga keu klepon yang biasanya hanya berisi gula merah, sekarang bisa berinovasi pake es krim udah gitu bikinnya pake adonana jagung lagi. jadi bener-bener pengen nyobain nih gimana rasanya.

    semoga usaha ini bisa sukses selalu ya, kalau bisa buka cabang juga di kota-kota lain biar gue bisa ngicipin juga. :)

    BalasHapus
  8. Pengen nyicip Japonese nya :D

    BalasHapus
  9. Japonesenya keren nih kayaknya. Tapi, itu bikin warna-warnanya dari bahan alami kan, terus isinya coklat semua ya, kagak ada keju, daging, atau mantan, mungkin juga masa lalu gitu ._. Hahaha. Oh iya, kalau bisa, dijualin aja terus, kali aja nanti Japonesenya bisa jadi terkenal dan punya pelanggan tetap, bisa jadi usaha tuh :D

    Jadi penasaran juga nih sama Teh Kopi, baru kemarin ibuku nyeletuk pengen bikin Teh Kopi :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin, insyaallah bakal di terusin doakan yaaa :)

      teh kopi itu teh dari daun kopi :D

      Hapus
  10. Waaaah keren banget. Kreatif bangeeeeet semuanya. Envy deh jadinya :''D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mega main main aku kasih japonesenya :D

      Hapus
  11. Justru keren jdi mahasiswi seperti kmu krena udah dibiasakan berbisnis, membuat inoVasi dan berpikir kreatip lho cc. Duh, klepon tuh enak bingiiitttt sumpah dlu pas kcil q jga suka makan klepon dan cetil. Tau ga, temennya klepon dia. Apalagi pas dikunyah dan ada gula jawa d dlmnya, behhh apalagi punya kamu ditambah eskrim, oh mennnnnnn...bungkusin 10 cc pelisssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aku juga suka cenil.
      dulu suka beli pas di pasar :D

      nanti kalo aku buka po yaa di bungkusin :D

      Hapus
  12. Balasan
    1. enggak, emang biji nangka di campur daging dijadiin sate :D

      Hapus
  13. Kelepon yang isinya es? es batu?

    Asyha, aku minta sample nya dong. Cobain gratis gitu. 10 bungkus ajah gak banyak banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya batu sih dhim :p

      nanti ya, kalo udah besar usahanya bakal dibikin banyaak, dan gratis buat kk :D

      Hapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)