SwitchOff EHM 2016, Satu Jam untuk Selamanya

by - 07.39.00

Led Pedal Power

Sudah pernah tau atau denger tentang apa itu switch off?

Jadi, switch off itu merupakan salah satu kampanye atau aksi dari Earth Hour yang dinaungi oleh WWF. Apa aksinya? Aksinya itu matiin lampu selama satu jam. Sebenernya gak hanya satu jam sih, kalau di logonya Earth Hour yang biasanya teman-teman lihat ada 60+ itu artinya kita matiin lampu buat selebrasinya selama satu jam atau 60 menit dan tanda (+) itu artinya aksi kita tidak berhenti setelah matiin lampu satu jam itu aja tetapi berlanjut sampai di keseharian kita. Kalau lebih mudahnya sih kita membiasakan untuk bergaya hidup hemat energi. Karena kalau aksi satu jam matiin lampu pasti efeknya gak begitu berasa, tapi kalau temen-temen membiasakan diri bergaya hidup hijau pasti efeknya akan berasa ke diri temen-temen. PERCAYA SAYA YA!

Udah tau apa itu switch off, sekarang waktunya cerita tentang switch off Earth Hour Malang 2016. Oke, here we goooo goooo goooo !!!

Div Acara

Halo, kami keluarga EHM :)

Setelah hampir tiga bulan mempersiapkan serangkaian perlengkapan, perizinan, konsepan aksi, dan lain-lain akhirnya hari itu datang juga. Sabtu, 19 Maret 2016 adalah hari di mana aksi switch off ini diselenggarakan. Aksi ini diselenggarakan diseluruh kota di dunia yang memiliki earth hour dan untuk pemilihan tanggalnya juga ditentukan secara bersama-sama. Jadi tanggal dan jam switch offnya dimanapun akan sama.

Stan Pameran SMA 10 Malang

Rasa deg-degan selalu menghampiri kami para volunteer earth hour, cemas juga tidak ketiggalan mampir di hati para volunteer sampai rasa takut juga sebentar-bentar datang meskipun kadang pergi dengan sendirinya. Switch off kali ini EHM mendapat sumbangan dana dari Du Grup and Es File, sehingga beban yang ada dipundak para volunteer sedikit bertambah. Beberapa hari sebelum hari H ada beberapa volunteer yang tidak tidur karena membuat pedal statis dan backdrop demi kelancaran aksi switch off ini. Sedikit terharu sama mereka ini, sampai ada satu volunteer yang namanya Fikri ini pas switch off matanya merah-merah, mana kulitnya putih jadi kaya kebakar gitu. Tapi, Ashya bangga sama kalian rek gak ada kalian gak ada pedal statis.

Stan Baidu yang membagi goodiebag gratis

Aksi 19 Maret itu berjalan lancar dari mulai persiapan di sore harinya, alat-alat pameran yang tepat datangnya, serta guest star yang tidak molor-moloran. Sampai akhirnya hujan datang yang sedikit membuat pengunjung dan kami para volunteer kebingungan. Aksi tetap berjalan sampai jam menunjukkan pukul 20.30 WIB yang artinya sudah waktunya lampu dimatikan. Meskipun hujan, tapi selebrasi switch off gak terhalang kok, buktinya saja setelah lampu dimatikan perwakilan duta, Du Grup, dan DKP bersemangat untuk mengayuh pedal statis. Pedal statis itu semacam lampu yang akan nyala apabila di pedal, kaya lampu sepeda-sepeda mini gitu. Bedanya disini lampunya itu menggunakan lampu led yang dibentuk Indonesia dan kerangka bertuliskan 60+.

Ini yang dimaksud Led Pedal Power/statis


Sempat bingung dan terharu, ternyata perjuangan team EHM menyusun aksi switch off yang notabene adalah aksi terbesarnya EHM bisa berjalan lancar. Yah, meskipun ada sedikit halangan. Tapi halangan itu adalah kado terindah dari Tuhan, mungkin disini kita kurang banyak doa dan melupakan-Nya sesaat. Dari hujan itu kita juga banyak belajar, dari hujan itu kita juga semakin kuat, dari hujan itu kitapun semakin kompak.

Suasana Switch Off Balaikota

Switch off di Malang tidak hanya dilakukan oleh EHM yang bertepatan di balai kota aja loh. Switch off juga dilakukan di UB, Hotel-hotel di Malang, dan ikon-ikon kota Malang. Mungkin kamu juga melakukan switch off di rumah tau kosanmu? Cerita dong cerita keseruannya, hehe. Jadi inget kalau di rumah Ngawi suka sok-sokan switch off padahal gak lagi switch off.

Switch Off Ibis Hotel

Switch off ini juga dilakukan di SMAN 10 Malang yang bertempat di Tlogowaru, tapi dengan hari yang berbeda. Saya lupa tanggal berapa, intinya sih EHM diundang dan kebetulan saya bisa hadir. Switch off yang dilakukan SMAN 10 ini dilakukan di lapangan sekolah. Dimulai dari pemilihan putra-putri lingkungan atau hemat energi (saya lupa) sampai aksi pemadaman lampu diseluruh sekolah. Senang, bisa menjadi bagian dari switch off malam itu.

Suasana Switch Off SMA 10 Malang

Mbak Oni, Tiara, Ashya

Intinya sih, siapapun kita yang penting kita punya kesadaran untuk menjaga lingkungan. Kesadaran aja juga gak cukup kalau belum ada aksinya. Apalagi sok-sokan ngomong ini itu tapi masih sering buang sampah sembarangan. Saya sih lebih suka yang diam, tapi banyak aksinya, hehehe
Terimakasih buat keluarga besar Earth Hour Malang yang sudah memberikan kesempatan buat saya untuk bergabung dan merasakan pengalaman super ini. Selain lebih peduli dengan lingkungan, Ashya sekarang jauh lebih bergaya hidup hijau dan semoga bisa menularkan ke teman-teman diluar sana. Semoga kedepannya makin betah ya sama EHM.

Rasanya tuh pengen peluk semua orang selesai switch off kemarin, fiuuuuh...


Eh, jargon dulu yuuk...
Earth Hour Malang,
Ini aksiku,
Ini aksiku,
Ini aksiku,
Mana aksimu?



Sampai jumpa

Semoga bahagia ^^

You May Also Like

0 komentar

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)