Diary

Agrowisata Puspa Lebo, Bukan Hanya Bermain dan Belajar Tapi Juga Bertani

11.58.00 Rizky Ashyanita 16 Comments


Kemarin senin, masih sama sih seperti senin-senin biasanya. Masih berangkat jam setengah tujuh buat magang, masih jalan kaki ke tempat magang, masih berkutat dengan melon-melon ditempat magang, dan masih pengen cepet-cepet selesai magangnya. Tapi di senin kemarin ada sedikit serpihan kebahagiaan saya yang membuat saya sejenak lupa akan magang. Jadi, di senin kemarin tempat magang saya UPT PATPH kedatangan adek-adek SD AL Islam Sidoarjo. Memang tempat magang saya selain nanem-nanem buah dan sayur juga menyediakan jasa kunjungan semacam agrowisata edukatif gitu buat adek-adek TK dan SD. Tau sendirikan saya suka banget tuh sama anak kecil, makanya di senin kemarin saya seneng banget kedatangan mereka di tempat magang. Yah, itung-itung kegiatan baru ngedampingin adek-adek ini daripada berkutat sama melon terus, bosen.

Awalnya sih saya dan teman-teman magang tidak menemani kunjungan adek-adek SD AL Islam, tapi karena emang kami sedikit bosen dengan kegiatan magang jadilah kami meminta kepada ibu-ibu di kantor yang jadi pemandu wisata mereka buat ikut ngedampingi adek-adek ini. ternyata permintaan kami di terima dan jadilah kami mendampingi mereka. Dalam kunjungan ke UPT PATPH ini ada beberapa paket yang ditawarkan, kalau tidak salah rinciannya sebagai berikut :

Paket A :
Pengenalan Agrowisata Puspa Lebo, tour kebun, menanam tanaman sayur, mencicipi buah dan minum teh rosela.
Harga yang ditawarkan di paket A antara 8.000 – 15.000/anak. Semakin banyak jumlah pengunjung, semakin murah harga kunjungannya.

Paket B :
Pengenalan Agrowisata Puspa Lebo, tour kebun, menanam tanaman sayur, mencicipi buah, minum teh rosela, dan makan siang.
*Saya lupa harganya, nanti saya update lagi ya ke blog ini.

Paket C :
Pengenalan Agrowisata Puspa Lebo, tour kebun, menanam tanaman sayur, mencicipi buah, minum teh rosela, dan outbond.
*Saya lupa harganya, nanti saya update lagi ya ke blog ini.

Paket D :
Pengenalan Agrowisata Puspa Lebo, tour kebun, menanam tanaman sayur, mencicipi buah, minum teh rosela, outbond, dan makan siang.
*Saya lupa harganya, nanti saya update lagi ya ke blog ini.

Nah, karena adek-adek SD AL Islam memilih paket kunjungan wisata A, jadi kegiatan yang dilakukan mereka selama kunjungan adalah pengenalan Agrowisata Puspa Lebo, tour kebun, menanam tanaman sayur, mencicipi buah, dan minum teh rosela. Kunjungan kemarin lumayan cukup banyak, sekitar 150 adek-adek SD dan semuanya kelas 1. Jadi biar gak ribet dibagi menjadi tiga kelompok kecil.

Pengenalan Agrowisata Puspa Lebo
Kegiatan pertama ini adek-adek SD diajak naik ke lantai dua kantor UPT. Mereka diajak masuk kedalam sebuah ruangan yang udah ada tempat duduk serta LCD. Disana adek-adek dijelaskan apa itu agrowisata puspa lebo. Namanya juga masih bocak kelas satu SD jadi yang depan jelasin apa mereka malah mainan sendiri. Ada sih yang dengerin tapi saya gak yakin mereka menyerap semuanya. Jujur sih, bahasanya kurang anak-anak, hehe

Tour kebun Lebo

ketika masuk screen house

Setelah selesai dijelasin apa itu Agrowisata Puspa Lebo, selanjutnya mereka diajak jalan-jalan mengelilingi kebun Lebo, baik barat maupun timur. Mereka juga diajak masuk ke dalam screen house melon yang panasnya naudzubillah. Karena mereka belum pernah kali ya, jadi mereka excited banget. Tanya talinya buat apa, tanya itu tanaman apa. Tapi lagi-lagi pemandu wisatanya terlalu berat menjelaskan kepada mereka. Hmm, butuh perbaikan sepertinya.

Menanam Tanaman Sayur

ih, lutunaaaa

Selesai capek-capekan keliling kebun, adek-adek masih harus capek-capekan buat nanem tanaman sayur di polybag. Kali itu tanaman yang dipilih adalah terong. Saya kira mereka sudah capek ya keliling kebun yang menurut saya lumayan jaraknya, tapi pas waktu disuruh nanem mereka seneng banget. Mereka nanya itu tanaman apa, itu tanahnya mau dibuat apa, dan lain-lain. Ada juga kejadian adeknya gak mau pegang tanahnya soalnya tau kalau tanahnya ada pupuk kandang yang notabene dari kotoran hewan. Terus dijelasin sama temen saya kalau gak ada pupuk kandang tapi Cuma kompos baru dia mau pegang.

Mencicipi buah dan minum teh rosela
Karena memang komoditas yang diunggulkan di UPT PATPH adalah melon golden langkawi, maka adek-adek ini diberi kesempatan buat incip-incip buah melon. Ada yang bilang manis dan suka tapi ada juga yang bilang itu bukan melon karena buah melon yang dia makan gak kaya gitu. Yah, ingin hati ngejelasin kalau melon banyak varietasnya tapi takut mereka gak ngerti. Alhasil Cuma dibilang “melon banyak jenisnya, ada yang ini ada yang itu”. Mereka sih angguk-angguk, entah paham atau enggak. Pas minum teh rosela juga lucu, bilang itu bukan teh. Iya sih emang bukan teh dek, Cuma dikeringkan mirip teh. Yaa, namanya juga masih bocah jadi masih polos.

selesai nanem, jangan tanya ya gayanya wkwk

Sumpah, seneng banget bisa dikasih kesempatan ngedampingi mereka kunjungan. Selalu menyenangkan bersama anak-anak kecil ini. Masih polos, masih lugu, dan masih bisa dibilangin ini itu. Sampai-sampai ditengah kunjungan saya berpikiran buat nantinya saya pengen membuat agrowisata sendiri untuk adek-adek kecil ini. Biar nantinya banyak anak yang suka dan mau terjun ke pertanian. Biar mereka tau darimana asal nasi yang mereka makan. Biar mereka gak mainan gadget terus, biar sekali-kali menyatu dengan alam. Dan biar saya bisa terus menerus melihat tumbuhnya tanaman dan anak-anak dengan sebagaimana mestinya. Doaka saya ya, hehe

Sampai jumpa

Semoga bahagia

You Might Also Like

16 komentar:

  1. Wah tempatnya bagus mba.. Jadi tahu juga pake2nya :)
    Thank infonya..

    follback blog dong mba.. hehe

    BalasHapus
  2. keren deh, emang kalau magang itu ya yg dicari pengalamannya. kebetulan ada yg kunjungan jadi bisa ngajarin juga, bisa seneng2 juga. Jadi agrowisata puspa lebo ini di sidoarjo juga ya? btw salam kenal, kyknya saya bru pertamakali mampir sini, kalau berkenan follow balik blog saya mungkinblog.com

    BalasHapus
  3. Waaaahhh suka berkutat dengan melon ya. Liatnya yang bulet ijo terus. Mending melonnya kirimin 2 kg siniiiii :'D haha kidding.
    Waaah, berarti paket D yang paling lengkap ya, ada outbond-nya juga. Kalo boleh tau, outbond-nya apa aja?
    Boleh lah kali-kali aku ke sana :D
    Anak-anak kecilnya ngegemesin. Mereka kalo mainnya udah "kotor-kotoran" mah emang suka kali ya, adikku juga gitu. Tiap sore suka main air di kolam :'D *lho

    BalasHapus
  4. Melon. Tidak. Aku tidak suka melon. Ntah gak tau kenapa :3 Suka aneh aja pas makannya.
    Aduh adeknya lucu-lucu jadi pengen bawa pulang satu. Eh aku gak pedofil :v

    Itu baru anak SD mbak, bagaimana pas sama anak-anak tk ntar. Makin berabe ceritanya. Hahahha

    BalasHapus
  5. Uwaaah agrowisata nih, kebetulan saya ini orangnya doyan banget berkebun.. Kapan2 mampir ke sono ah.. Lumayan liburan sekalian dapet ilmu. Hehe

    BalasHapus
  6. wih keren nih tempatnya ada agrowisata gitu, bisa nambah pengetahuan dedek-dedek SD :')

    Itu ada teh rosela, jadi inget dulu rutin minum itu huahaha

    BalasHapus
  7. View nya bagus juga ya asiik buat foto foto,tinggal nambah efek aja :D.Sebenernya agrowisata gini yang bagus buat anaka anak TK atau SD,jadi mereka enggak belajar di sekolah aja dan bisa mendapatkan ilmu baru dari pembelajaran di luar lingkungan sekolah.

    BalasHapus
  8. Waahh, adek-adeknya bisa bikin pelipur rasa bosan tuh ketika kamu penat dengan magang nanam sayur dan buah hehe. Udah gitu adeknya banyak banget, 150 anak-anak dan semuanya kelas 1, pasti ramee dan gemesin semuanya haha.

    Ternyata ada paket-paketnya tersendiri gitu yaa. Semoga adek-adek bisa mendapat sedikit ilmu lah setelah belajar disana. Btw, aku mau juga dong diajari nanam sayur dan buah sama kamuu haha

    BalasHapus
  9. hmmm..........kamu guru iya?, hati- hatiloh, Anak SD yang kecil itu susah diatur. nanti ada anak SD main tanah, terus kemasukan cacing, hmmm....bisa berabe tuh.

    tapi bagus juga sih, jadinya anak bisa menyatu dengan alam, bukannya cuma bisa menatap layar gadjet.

    BalasHapus
  10. Agrowisatanya juga di Sidoarjo? Kayanya boleh juga tuh, tapi lumayan jauh juga ya dari Semarang.
    Semoga cita-citanya tercapai deh, aku juga suka menanam kaya gitu kok, cuma karena kondisi tidak memungkinkan yaudah cuma suka-suka aja...

    BalasHapus
  11. Pas baca judulnya, aku kirain kamu tuh lagi berlibur ke argowisata puspa eh ternyata itu tempat magangmu yah, keren bingo deh!
    Pasti seru banget tuh, yang biasanya cuman jadi wisatawan aja, eh kamu sempet nyambi nemenin adik-adik unyu nan imut. Duh ngeliatin mereka masih krucil-krucil gitu gemyeeesss banget

    BalasHapus
  12. Bagus... Bagus... Anak pertanian harus peduli sama pertanian. Ada tuh anak pertanian pas lulus malah kerja di Bank. Gimana pertanian kita mau majuuuu. #cieegitu. Hahaha.

    Saya kayaknya bakal seneng kalo magang di tempat kayak gitu. Datangnya pagi, nikmatin embun dari tanaman-tanamannya. 😊

    BalasHapus
  13. Keren..keren. Kayaknya unek2 magang keluar semua ya di awal paragraf. Tapi, magang ini jadi pengalaman yang bakal gak terlupakan. hehe

    Seneng kayaknya kalau nemenin anak-anak kaya gitu. Dimana mereka kritis banget sama hal yang baru. Jadi banyak nanya ini-itu.

    BalasHapus
  14. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Good job, I like this blog.
    bandar poker online indonesia

    BalasHapus
  15. Aihhh lucu banget adik-adik belajar berkebun.. Udah enjoyin aja magangnya, jangan diinget-inget kalo masih lama beresnya, one day cerita selama magang bakal selalu dikenang.. #tsahhh semangat magangnya yaaa.. ;)

    BalasHapus
  16. Lucunyaaaa :3 Jadi pengin lihat ke kebunnya juga mbak :(

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)