Kamu Tim Ramen atau Tim Udon?

by - 11:49:00 PM


Beberapa minggu yang lalu, saya bersama dike yang punya blog LOLIPOP GIRL mencari diskonan di Saboten Shokudo. Saboten Shokudo itu semacam cafe resto jejepangan di Malang yang terkenal ramah di kantong mahasiswa dan emang suka ngasih diskonan. Soal rasa? Yah, sesuai harganyalah ya, malah menurut aku enak dan ini tempat makan jejepangan yang sering aku kunjungi di Malang.

Waktu itu ada diskonan buat ramen barunya yaitu Gyuniku Ramen yang awalnya Rp 22.000 jadi tinggal Rp 11.000. Langsung deh tanpa babibu Dike dan saya cuss. Waktu itu promonya semingguan gitu gais. Kita upload atau regram foto di ig Saboten trus ke kasir tunjukin foto dan dapetlah diskonan itu. Oh iya, jikalau mau tau info diskonan di Saboten follow aja ignya @saboten_shokudo .

Mie ramen
Kembali ke ramen, jadi ramen itu sebenernya mie asal China yang terbuat dari tepung terigu dan biasanya bertekstur tipis, lembut, dan panjang. Nah, ramen ini meskipun berasal dari China tapi sangat terkenal banget di Jepang dan menjadi makanan khas Jepang. Biasanya ramen disuguhkan ketika panas, katanya sih itu titik terlezatnya si ramen, hot hot gitu gais. Kuahnya ramen merupakan kuah kaldu yang bening yang berasal dari shio, miso, shoyu (maap aku gak tau apa ini) haha. Selain itu ramen juga diberi topping seperti irisan daging, nori, telur rebus, irisan daun bawang, dan kadang apa itu ya yang warna pink-pink itu. Oh iya, topping juga bisa sesuai menu, kadang ada yang pake katsu juga sih.

Kalo udon, pertama kali makan di TP makannya di Marugame Udon. Gak tau sih selain itu apakah ada udon lain, saya taunya disitu. Terus kedua kalinya makan udon juga ditempat yang sama tapi beda daerah. Iya, kedua kali di Marugame Udon di Bali Art Gallery. Kalo masalah harga, ramen dan udonnya memang mahalan udon. Tapi emang udonnya beli di kelas menengahan bukan yang mahasiswa. Soalnya saya belum pernah beli ramen di tempat yang kelas menengahan seperti beli udon, jadi ya gak bisa dibandingin ya. Harga udon di Marugame Udo sekitar 45-50an ribu.


Udon ini mie asli Jepang, ukurannya beda sama ramen. Udon jauh lebih besar-besar, kaya usus ayam gitu loh pas belum di goreng, warnanya putih. Bahan bakunya sama kok dengan ramen dari tepung terigu. Mungkin karena udon besar jadi lebih kenyel-kenyel gitu kali ya. Kalo udon ini bisa disajikan dingin atau panas, kalo saya sih suka panas dan pake kuah kari. Toppingnya bermacam-macam gais tergantung pilihan menunya. Kalo udon kari sapi yang saya pernah pesen itu toppingnya ada daging sapi dan daun bawang. Makan udon saya saranin jangan lupa juga disambi makan tempura, aburaage, shincimi, dan yang lainnya saya gak hafal. Duh, dijamin tambah endeeeus makannya. Apalagi ditambah apa sih itu namanya kaya kriuknya ayam kremes, hmmm tambah lezat.

INI RAMEN


INI UDON


                               
Jikalau ditanya saya tim ramen atau tim udon, saya bakalan jawab tim udon. Soalnya kalau ramen sekali kuahnya gak enak, ramennya jadi terasa gak enak. Seperti waktu saya makan Gyuniku Ramen, sebenernya bukan gak enak tapi karena kuahnya itu saya gak suka rasanya jadi agak aneh makannya. Kuahnya tuh kaya rasa laksa gimana gitu. Kalo udon, dijamin semua udon enak. Pas waktu nyobain pesenan temen saya gak ada yang gak enak. Emang sih kalo makan udon tuh ada tipsnya, makan mienya trus sendok kuahnya. Kalo Cuma ngambil mienya aja bakalan terasa hambar soalnya mienya besar-besar.

Sebenernya sih hampir sama ya, sama-sama mie berkuah dan bertoping, Cuma beda rasa kuahnya dan ukuran mie aja sih menurut saya. Jikalau kalian menemukan perbedaan lain bisa tambahkan di kolom komentar ya gais.

Yummyyyyy...

Jadi, kalian pilih mana nih?
Tim ramen atau tim udon?

Sekian
Semoga bahagia 

You May Also Like

5 comments

  1. aaaaaa!!! fotonya keren-keren! kamu pake kamera apa? indah banget jepretannya, syukaaakkk!!!

    hm.. kalau aku sih lebih suka ramen ketimbang udon. g tau kenapa kalau mie yang gedhe-gedhe gitu bawaannya nek, enakan yang kecil-kecil.
    enak banget ada diskonannya, mau juga dongs.. pengiritan yang indah sekali, ketika mau makan enak eh ada diskonan, syurga dunia..

    ReplyDelete
  2. Hm... aku malah fokus ke diskonnya nih. Di sini aku belum ketemu warung makan Ramen yang jualan ramen kantong mahasiswa. Adanya ya resto di mall gitu, taulah kalau di situ harganya buat mahasiswa gimana :')

    Kalau aku pribadi sih lebih suka ramen, karena ya makan ramen kayak makan mie gitu. Kalau udon menurutku kegedean gitu, gak terlalu suka aja kalau makan mie yang terlalu gede gitu. Enaknya ramen sih. Kayak makan mie kuah. Eh emang mie kuah sih ya. Haha

    ReplyDelete
  3. Hmm liat foto2nya keren gitu kok saya jadi lapar ya... pengen coba hehe

    Belum pernah makan dua2nya jadi gak tau mau berada di tim mana, yang mana2 saja deh yang penting nyaman di perut hehe

    Btw kalau makanan sejenis ramen udah sering liat sih di drama2 korea hehe... emang aslinya kayak mie ya? Kalau udon, saya baru tahu stelah baca postingan ini *kudet banget sayanya hehe

    ReplyDelete
  4. Gue pilih diskonnya yang banyak. #AnakEkonomiSejati wkwkwkw

    Klo suruuh milih sih ya jelas ramen, walaupun kedua makanan itu gue belum pernah nyoba. *HIKS

    ReplyDelete
  5. Wah aku disebut disini. Haha. Kalo aku sih Tim Mie Instan shya :(( eh Tim Mie Ayam Pak Doel wkwkwkwkw. Gak gak shya guyon ❤️

    I prefer Ramen �� untuk tekstur. Dan udon untuk kuahnya. Haha

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)