5 Hal Menarik di Film Dilan 1990

by - 9:01:00 AM


Sepertinya sudah basi ya untuk bahas atau riview film Dilan 1990, ye kan filmnya udah bulan Januari lalu masa riviewnya baru April. Gimana dong pas nonton kemarin gak sempet riview, ditambah lagi ada pengalaman seru pas nonton jadi sayang banget nih kalo gak diceritain.

Semua sudah pada tau pasti kalo film Dilan 1990 menuai pro dan kontra dari awal film ini baru mau dibuat. Dari yang para pecinta novelnya ayah Pidi takut kalau filmnya gak sesuai ekspektasi, rahasia-rahasiaan pemeran Dilan, sampai pas pemeran Dilannya dah diumuminpun masih aja menuai pro kontra dan puncaknya pas trailernya muncul.

Awalnya saya masuk tim kontra sama pemeran Dilannya yaitu Iqbal. Gimana ya, di otak saya tuh udah kaya terpatri kalo si iqbal ini kalem dan menurut saya masih kecil. Mungkin anggapan saya masih kecil tuh karena kenal Iqbal dari doi kecil, jadi gak kerasa aja kalau dia udah SMA dan si Dilankan juga anak SMA, kan cocok ya seharusnya umurnya sesuai. Dan ya, karena Iqbal ini di Coboy Junior dulu paling kalem jadi masih gak ngebayangin aja kalau dia berperan jadi Dilan yang notabene anak geng motor dan jadi pangeran tempurnya.

But, jika kamu menonton filmnya kamu akan jatuh cinta sama si Iqbal ini. For me, aktingnya si Iqbal udah oke, semua orang juga sudah jatuh cinta sama Iqbal, tapi masih ada sosok Dilan yang belum ada di diri Iqbal menurut saya. Entah karena di novel udah ada ilustrasinya kali ya jadi saya selalu membayangkan Dilan itu ya yang di ilustrasi itu. Untuk filmnya sendiri udah pas sama yang di novel, Cuma saya yang keluar banget dari ekspektasi itu warung Bi Eem. Saya kira warungnya itu warung bambu deket pohon talok/ceres gitu, eh ini warungnya keliatan modern banget untuk tahun 1990. Ya dari semua kekurangannya tapi masih banyak kelebihannya dan saya menikmati film Dilan 1990, tapi saya gak sampe sih teriak histeris pas nonton kaya rang-orang apalagi para remaja SMPan yang ulalaaa teriaknyaa bikin gendang telinga saya pedih.

Dan ini adalah 5 hal menarik menurut saya dari Film Dilan 1990.

Iqbal Sang Panglima Tempur

Serius banget bang?

Menurut saya sih ya, selain mungkin karena Iqbalnya cocok jadi Dilan pake Iqbal juga bisa mendongkrak penjualan dari film ini. Kenapa bisa begitu? Ya karena Iqbal sendiri sudah punya fans dari awal doi ada di Coboy Junior dan itu bisa jadi bekal buat menjual filmnya. Selain itu keadaan Iqbal di USA yang sedang sekolah dan akhirnya main film lagi bisa jadi pengobat rindu para fansnya. Ditambah lagi rasa penasaran penonton seperti saya yang pengen lihat akting Iqbal yang alim-alim kalem jadi bad boy juga menjadi salah satu faktor yang menarik untuk menonton film Dilan 1990 selain memang jalan cerita filmnya bagus untuk ditonton.

Pemeran yang Fresh di Layar Kaca

Itu Gusti Rayhan anaknya frahat Abbas loh wkwk

Sudah pada tau pasti ya kalo pemeran di Dilan 1990 itu dedek-dedek gemash yang rata-rata bintang baru di layar kaca seperti Vanesha, Debo, Yuriko, Gusti Rayhan, dll. Meski dibilang baru tapi akting mereka cukup pantas di acungi jempol. Jadi biar yang suka nonton film gak disuguhi sama pemeran itu-itu aja, ya biar gak bosenlah intinya. Biar para pemain film juga punya penerusnya.

Gaya Bahasa Dilan yang Bikin Gemash

Tuh Milea aja ketawa terus sama Dilan

Buat yang baca novel Dilan 1990 pasti dah hapal betul dialog-dialog Dilan. Sesuatu yang menarik dari buku Dilan itu ya dialog-dialognya dan kerandoman si Dilan itu. Dibawa ke film hampa rasanya kalo dialog-dialog dan randomnya Dilan diilangin ya kan? Karena itu yang membuat film Dilan 1990 beda dari film-film lainnya. Ku masih penasaran aja sih apa di Bandung tahun 1990 itu gaya bicaranya kaya Dilan gitu ya, misalnya nih

“ Percaya jangan?”
“ Assalamualaikum jangan?”

Kaya semua ada jangannya, jadi orang-orang ngikutin gaya bahasa begituan pas udah kelar nonton. Kalo jaman sekarang biasanya kan “Percaya gak?”. Selain itu banyak deh gaya bahasa yang aneh menurut saya di Dilan 1990 baik di novel atau di filmnya. Tapi kembali lagi, ini yang menjadi daya tarik di film Dilan 1990.

Indonesia Heboh, Parodi Dilan Bermunculan

Salah satu parodinya, banyak deh parodinya di instagram, twitter, yucuup haha

Kalo yang ini gak usahlah ditanya lagi, setiap buka instagram ada aja parodi video atau foto. Buka twitter juga begitu, pada ngetweet plesetan Dilan, di gruppun juga pada bikin meme Dilan kaya beberapa bulan tuh hidup dipenuhi dengan ke-Dilan-an. Untungnya saya gak sampe jadi gila gara-gara Dilan. Ya cukuplah saya nonton Dilan dua kali nanti kalo keterusan jadi hapal adegan sama dialognya, nanti para pemainnya kalah lagi sama saya haha. Dan kehebohanpun masih tetap berlanjut ketika Dilan mau turun layar, semua pada heboh menolak Dilan turun layar. Inginnya Dialn sampai tembus 7juta tapi harus bersyukur dengan perolehan 6juta lebih penonton. Gapapa, udah banyak banget menurut saya 6juta lebih penonton dibanding film lain yang kadang Cuma ribuan penonton.


Ikutan M&G sama Pemeran Dilan

Ini hal yang gak kalah menarik sih, dapet tiket nonton gratisan ditambah bisa ketemu pemain film Dilan 1990. Jadi ceritanya di Malangkan lagi ada pemilihan walikota, nah salah satu calon walikotanya ngadain kuis gitu buat tiket M&G sama nobar Dilan. Saya iseng-iseng aja ya kan buat ikutan, eh taunya dapet dong. Rezeki anak solehah emang gak kemana, kalo beli tiket aslinya 100k buat M&G sama nobarnya, kan lumayan banget haha.

Kaya emak bawa anaknya wkwk

Waktu itu dapet tiket dua, awalnya saya mau ajak Nogie temen saya yang saya tag buat ikut kuisnya, e tapi karena doinya pulang ke Jakarta jadi akhirnya saya ajak Frido. Pas di bioskopnya saya ketemu kan sama anak yang gak taunya anak Ngawi kuliah tahun 2017, tuh kan emang bener yang pada heboh tuh anak-anak muda. Di acaranya juga kebanyakan anak-anak masih SMP-SMA gitu, merasa saya tua banget ikutan acara beginian. Ditambah lagi saya jalannya sama Frido sama anak yang saya baru kenal tadi, berasa ibu bawa dua anaknya haha.

Keberuntungan saya masih berlanjut dong, pas saya baru selesai sholat nomer undian saya kepanggil buat nanya para pemerannya. Ya karena gak siapin pertanyaan dan emang gak sepengen itu buat nanya akhirnya saya nanya juga seadanya terus foto bareng. M&G Dilan ini parah banget sih panitianya, kalo aja saya gak kepanggil nomer undiannya saya gak bakalan bisa foto bareng soalnya bener-bener dibatasi, saya salaman abis foto aja sama mbak Mcnya gak dibolehin padahal para pemerannya boleh-boleh aja. Disitu saya merasa najis banget anjir mau salaman aja gak boleh deh, gini banget dunia perartisan. Padahal sebelum-sebelumnya ketemu artis biasa aja deh, ini berasa banget sekatnya kaya kalo saya pegang bakalan ketularan penyakit berbahaya. Disitu saya merasa sedih sekali, tapi yasudah sih gak saya masukin hati daripada sebel berhari-hari merusak kesehatan saya.

Me lyke pembantu anjir wkwk







Okedeh, itu tadi hal menarik di film Dilan 1990 menurut saya. Padahal sih aslinya Cuma mau nyeritain yang M&G aja, tapi sekali-sekali diceritain dalam kemasan lain gapapa kali ya.

Kalo menurutmu, hal menarik apa yang ada di film Dilan 1990? Bisalah cerita di kolom komentar, saya tunggu.

Ini saya kasih bonus sama foto ibu calon wali kota. Sengaja saya tutup karena saya kalah syantikk wkwkwk

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

2 comments

  1. ih itu kapan Shyaaa meet and greetnya? seru juga ketemu castsnya yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih ada mbak Dindaaa hehe
      Kapan ya mbak, aku lupa. pokoknya abis cnc yang terakhir kemarin sabtunya gituu

      Delete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)