Anterin.id, Siap Anterin Kamu Kemana Saja

by - 8:03:00 PM



Semenjak pake twitter lagi, saya merasa lebih up to date. Termasuk adanya salah satu aplikasi transportasi ini, yup aplikasi Anterin.id. Kalo mbak-mbak di twitter sih bilangnya driver Uber pada pindahnya ke aplikasi Anterin, tapi pas saya cari tau di google ternyata aplikasi ini memiliki misi city transporting marketplace dimana driver Go-Jek maupun Grab bisa juga join di Anterin.

Eh eh bentar.

Pada nanya gak sih Anterin ini aplikasi apaan?

Dari beberapa kalimat diatas udah pada bisa nebak ya kalo aplikasi Anterin merupakan aplikasi transportasi online yang berfungsi membantu pelanggan untuk mencari ojek motor, mobil, ataupun pengiriman barang. Ya bisa dibilanglah mirip-mirip Go-Jek, Grab, atau Uber, bedanya mereka mengusung city transporting marketplace dimana driver dapat menentukan tarif dari jasa yang mereka berikan dan pelanggan juga berhak memilih driver dan tarif yang sesuai. Dan seperti yang saya jelaskan tadi kalo driver Go-Jek dan Grab juga bisa join di Anterin ini. Ternyata aplikasi Anterin ini sudah ada sejak 2016 namun baru diluncurin di pasar pada akhir 2017, jelas CEO dan Founder Anterin yaitu Imron Hamzah. Hmm, lumayan baru juga gak sih geng?

Biar saya tetep up to date ya, akhirnya tadi siang saya coba pake aplikasi Anterin ini. Oh iya, ini saya kasih beberapa tutorial buat make aplikasi Anterin biar kalian tetep up to date dan juga katanya mumpung masih murah tarifnya.

Oke, cekidot gak pake lama...

Cara daftar Anterin :

Satu, kalian sudah harus punya hape android atau ios dan sudah instal aplikasinya. Bisa di download di Playstore dan Appstore, ingat jangan download yang aplikasi buat driver kalo kamunya Cuma jadi konsumen.

Dua, buka aplikasinya. Nanti disana kalian bisa milih mau daftar pake No HP, email, atau Facebook.

Tiga, kalian diminta isi No HP buat sms konfirmasi. Setelah ada sms, masukkan kodenya.

Empat, isi profil pelanggan seperti nama, email, dan jenis kelamin.


Lima, pilih cara pembayaran. Bisa tunai atau pake kartu kredit.


Enam,  selesai. Akunmu telah aktif dan sekarang kamu bisa memakai aplikasi Anterin.

Cara order Anterin :

Tampilan awal sewaktu di buka

Satu, buka aplikasinya. Sama seperti Grab dan Go-Jek kamu tinggal mengisi dimana kamu meminta untuk dijemput dan dimana kamu meminta untuk diantar. Disana kamu bisa langsung menuliskan alamatnya karena Anterin powered by google maps. Kalo tadi pagi sih masih sedikit susah ya jadi pas ngetik itu gak bisa nemuin lokasi dan malah eror jadi nentuin lokasi manual geser beta terus nentuin titiknya, tapi tadi siang saya coba sih sudah bisa ngetik lokasi terus tinggal pilih lokasinya.

Ini pas waktu lokasinya bisa diketik

Ini pas gak bisa diketik jadi harus geser-geser dipeta

Tampilan kalo sudah diisi alamat penjemputan dan pengantaran

Dua, setelah kalian isi tempat penjemputan dan pengantaran, klik cari driver dan habis itu kalian bakal disajiin pilihan driver, tarif, sama penilaian tentang driver itu. Ya bisalah kalo modus pilih driver kece haha. Itu mah kerjaan saya kalo dapet driver motor Satria FU langsung cancel, soalnya motornya gak enak, melorot melorot terus duduknya haha.

Nah ini milih driver.Ada keterangan nama, motor, harga, sama penilaian

Nanti klik aja driver yang kamu pilih, biasanya driver dengan harga termurah berada di urutan paling atas. Driver termurah ini berdasarkan lokasi si driver dengan tempat penjemputanmu.

Tiga, setelah kamu pilih driver lalu kamu harus menunggu respon driver sekitar 30 detik. Ya ibarat kamu nyatain cinta, kalo driver nerima orderanmu artinya kamu diterima, kalo driver nolak orderanmu berarti cintamu ditolak. Rasanya suckiiiiit, kaya tadi aku ditolak tiga driver pas mau coba aplikasi ini haha.

Nunggu respon, eh ditolak dong

Empat, setelah ada driver yang menerima orderanmu kamu tinggal nunggu dihubungi driver dan nunggu kedatangan driver.

Lima, proses pengantaran. Nanti di aplikasinya ada progress report dari penjemputan sampai selesai. Kita bisa juga memantau perjalanan kita di aplikasi.

Ini statusnya yang diatas

Enam, sampai ditujuan dan penilaian driver. Disini penilaiannya gak pake bintang lagi dong, tapi pake emoticon jadi gemesh gitu haha
Mudahkan ya? Sama kaya order-ordek ojek online lainnya.
Ini ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari aplikasi Anterin menurut saya.

Ini penilaiannya

Kelebihan :

+ Bisa milih driver dan tarif
+ Bisa tau penilaian terhadap driver
+ Lokasinya lebih tepat, soalnya pake Google Maps
+ Penilaian menggunakan emoticon
+ Warnanya gak ijo lagi dong akhirnya

Kekurangan :

- Terkadang aplikasi sering eror, tempat mencari lokasi juga, jadi ribet kalo harus nentuin lokasi di peta.
- Belum ada fitur chat, jadi rada ngrepotin drivernya
- Lama untuk mendapatkan driver karena harus milih sendiri dan sering di tolak
- Tidak ada poin reward untuk pelanggan
- Tidak ada tempat untuk menuliskan kritik saran untuk driver

Semoga kelemahan-kelemahan dari aplikasi Anterin dapat segera diperbaiki agar meningkatkan kenyamanan pengguna dan semoga kelebihan-kelebihannya dapat ditingkatkan agar aplikasi ini bisa bersaing dengan aplikasi serupa. HIDUP APLIKASI BUATAN ANAK NEGRI !!!


Oh ya, Anterin sudah ada di Jabodetabek dan Bandung, buat temen-temen yang ada dikota itu bisalah dicobain hehe

Sampai Jumpa
Semoga Bahagia

You May Also Like

5 comments

  1. gue yang tiap hari naik Gojek kesana kemari jadi penasaran sama aplikasi model ini. Kalau gue lihat dia semakin bagus motornya semakin mahal pula ya feenya, hihihi..tapi nanti dia membawa dampak kalau ojol akan membanting harga serendah rendahnya biar bisa berkompetisi gitu nggak ya...khan kasihan. Sekarang aja agak jauhan 7ribu doang....

    tapi sukanya gojek dan yang lainnya gitu kita nggak usah tentuin harga jadi mau Nmax atau pun spin misalnya sama harga. Kalau gue lebih prefer gitu sih, males mikir soalnya. hahaha

    ReplyDelete
  2. Baru sekali naek transportasi online, gojek. Baru denger nih ada aplikasi gini. wkwkw

    ReplyDelete
  3. Makin populer aja aplikasi ojek online. Perlu dicoba dulu nih, memang kelemahan aplikasi ojol sendiri sering error dalam penentuan lokasi gak tau kenapa

    ReplyDelete
  4. Bagus kalau semakin populer brand lain yang juga di pasar ojol. jadinya nggak monopoli hehe

    ReplyDelete
  5. Wah bisa milih driver? Haha. *ketawa penuh arti*

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)