Satisfying Aqua Lol Yang Bikin Bumi Nangis

by - 6:09:00 PM

Picture by google, ijin ya pake gambarnya :)

Jadi kegiatan saya di pagi hari sebelum melakukan aktivitas adalah nyekrolin instagram sama twitter. Nah, pas nyekrol timeline twitter ada sebwaaah foto yang menarik perhatian saya. Saya bukalah itu foto, di kepsyen mbaknya nyampein pendapatnya kalo jangan robek-robek sama ada foto megang aqua yang botolnya kecil lucu terus gambar-gambar princess atau mickey.

Nah, saya penasaran, apalagi sih ini? Saya buka tab balasannya, ternyata itu salah satu fenomena anak-anak bocah yang buka kemasan aqua yang katanya ada kretekan/resleting baju. Ternyata awalnya itu berasal dari LOL Surprise itu loh yang kaya di video Ria Ricis, karena keterbatasan budget akhirnya para yutubers bocah ini gak unboxing LOL Suprise tapi unboxing Aqua yang lucu itu yang pada nyebutnya Aqua LOL. Dan ada beberapa video itu buka sampai 50 dan ada juga yang ngasih judulnya satisfying Aqua LOL. Pas saya nonton saya bingung aja sih, satisfyingnya tuh dimana?


Ini yang saya lihat di twitter

Kembali ke mbak-mbak yang upload di twitter, jadi kalo mbak-mbak itu resah karena Aqua LOL yang di jual di Indomaret sama Alfamart sudah dikletekin sama anak-anak yang bertangan nakal. Jadi mereka itu kaya ngletekin tapi gak mau beli si aquanya itu padahal harganya murah. Mbaknya berpendapat bahwa dengan dikletekin kemasannya bakalan bikin rugi si Aquanya, soalnya orang-orang yang tau kalo udah cacat barangnya pasti gak mau beli. Untung aja orang-orang kadang gak seteliti itu dan gak paham fenomena zaman now jadi mereka berpikir kalo ada kejanggalan emang udah dari sononya, padahal sih kerjaan anak-anak nakal.

Kalau saya ngelihat bukan hanya dari sisi si Aquanya yang rugi, tapi dari sisi lingkungan. Bayangin gak sih dengan fenomena itu bakalan lebih banyak anak kecil pengen beli aquanya, gak cuma satu pasti banyak. Di yutup aja ada yang sampe 50 ngletekin begituan.


Terus maksud kamu video itu berdampak gitu ke lingkungan shya?

Wah, ya jelas berdampak banget ke lingkungan say.

Taukan kalo botol aqua itu botol plastik? Tau juga kan kalo plastik itu sulit diurai?
Masih nanya sesulit apa? Ya sesulit kamu ngomong suka gitu ke gebetan haha. Gak deng, sulit karena plastik butuh waktu lama buat diurai sama tanah. Berapa lama? Yah setau saya sih sekitar 100tahunan, lama kan? Umur manusia aja jarang yang bisa sampai 100tahun bahkan lebih, ya bayangin aja bumi kita tercemar selama itu. Ibaratnya nih kita udah mati tapi kita masih jadi penyumbang kerusakan buat bumi. Idih, gak mau sih kalo saya mah.

Jadi, saya sangat menyayangkan sekali buat yutuber-yutuber itu gak ngasih contoh baik ke temen-temen atau viewersnya. Mungkin ada dari mereka yang gak tau dampak apa yang diakibatin dari tindakannya, mungkin saja mereka gak akan berpikir jauh tentang dampaknya ke lingkungan atau sebagainya ya karena usia mereka yang masih kecil dan pengetahuan mereka yang minim. Jadi mereka membuat konten yang lagi “booming atau hits” aja biar gak ketinggalan jaman dan biar yutupnya tetep dapet viewers banyak.

Bisa ditanya ke guru atau peneliti ya benar tidaknya, tapi memang ini kenyataannya :)

Tidak, saya tidak menyalahkan mereka Cuma menyayangkan. Saya rasa karena mereka masih kecil seharusnya orang tualah yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukan anak-anaknya. Ibaratnya orang tuanya sudah makan asam garam kehidupan dan pengetahuannya lebih banyak jadi seharusnya bisa memberitahu atau mengawasi anak-anaknya yang bikin konten ini jangan malah menjadi pendukung dan malah ikut-ikutan mereka, soalnya ada salah satu video itu yang malah ibunya yang ngide buat anaknya bikin konten tersebut. Sayang banget kalo viewersnya ini anak-anak diluar sana yang jadi ikut-ikutan, tau sendiri kebiasaan itu dimulai dari kecil. Nah, kecilnya aja udah nonton video yang gak mencintai lingkungan ya gimana nanti gedenya mereka bisa mencintai lingkungan? Kan alangkah baiknya kontennya lebih bermanfaat misal bikin DIY dari barang bekas, menanam hidroponik, atau apalah yang jauh lebih bermanfaat biar bibit-bibit bangsa Indonesia itu dari kecil udah melakukan hal-hal bermanfaat dan memang udah dibekali kesadaran buat peduli lingkungan dan masalah-masalah sosial. Gak malah dibikin jadi anak yang gak kenal lingkungan atau malah ngehambur-hamburin duit kaya itu video yang ngerobek duit, ya meskipun mainan tapi hikmahnya bikin video itu apa gitu loh? Kenapa gak buat sesuatu yang bermanfaat aja? Kan katanya kita sebagai manusia kalo bisa bermanfaat buat orang dan lingkungan sekitar, bukan?

Ya saya sedihnya juga sih karena inget dilain sisi ada orang yang mati-matian berusaha buat nyadarin diri sendiri dan orang-orang sekitar buat cinta lingkungan seperti mengurangi penggunaan botol plastik, sedotan, sendok sampai dibela-belain bawa sendok, botol minum, dan sedotan kemana-mana biar gak pake yang plastik-plastik dan kampanye kesana kemari membawa alamat jeng jeng, haha. Ada juga yang berusaha membuat bank sampah agar sampah-sampah anorganik seperti plastik dan kain bisa di daur ulang menjadi barang yang bermanfaat, bernilai jual tinggi, dan tidak mencemari lingkungan. Dan ada juga orang yang bersusah payah meyakinkan pemerintah kalo membakar sampah untuk menyelesaikan masalah menumpuknya sampah bukanlah jalan terbaik karena menyebabkan penyakit dan sangat berbahaya. Dan disisi lain anak kecil yang femezzz malahan mengajak teman-temannya buat nambahin sampah. Ya Allah dek, kita yang mati-matian ngejaga bumi buat kamu malah kamu rusak. Ibarat kita udah ngasih jantung ke kalian, tapi kalian ngerusak jantung itu.

Maka dari itu, sebenernya peran orang tua itu amat sangat penting sekali. Ya kita sebagai calon orang tua atau malah ada yang sudah menjadih orang tua, saya harap lebih bijak terhadap pengetahuan anak. Kita juga harus sadar lingkungan dahulu misal, sebelum kita berharap anak kita juga sadar lingkungan. Intinya sih kita harus bisa jadi contoh yang baik buat anak kita nantinya dan harus bijak, jangan anaknya diumbar karena kalian sibuk kerja, jangan yaaa.

Udah bingung lagi saya mau nulis apaan, intinya saya harap kita harus bisa menjadi contoh yang baik untuk anak kita nantinya. Saya juga berharap yutuber-yutuber kecil mohon dong pengawasan dari orang tua agar kontennya lebih bermanfaat biar yang nonton juga kebawa dampak positifnya. Ya tau sendiri anak jaman sekarang kalo idolanya dinasehatin dikira kita yang nasehatin gak bisa diajak bercanda. Ingin rasanya ku berkata “Duh dek, kamu belum pernah ngrasain skripsian jangan sok-sokan deh ngomong ngawur dan nasehatin kita ya dek.”

Ya sudah, sekian dari saya.
Kalo ada salah kata mohon diingatkan yaa.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

3 comments

  1. Gasik banget pagi udah scroll medsos..hehe
    Aku kok malah baru tahu aqua gitu, dan barusan lihat videonya jadi greget pengen bukain plastik aquanya juga. Kok sepertinya seru ya..hehe

    ReplyDelete
  2. Sebenernya apa manfaatnya sih aquanya dipakein "casing" kayak gitu?
    Cuma supaya menarik perhatian pembeli aja kah?
    Di negara tempat saya tinggal sekarang, malah terbalik. Banyak produk yang minuman yang sedang gencar mendesain botol kemasannya supaya jadi ramah lingkungan dan bisa dipakai berkali-kali, untuk mengurangi sampah plastik.

    ReplyDelete
  3. Yaelah makin hari makin aneh aneh aja ya kelakuan kids jaman now ini ya hehe, bener tuh blum pernah ngerasain ngerjain skripsi yang nggk kelar kelar juga sih ya hehe

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)