Kamu Baru Lulus Kuliah? #BeMoreProductive Dengan Coba 7 Pekerjaan Ini Sembari menunggu Panggilan Interview !

by - 2:04:00 PM

pict by www.showwp.com
Setelah lulus dari bangku perkuliahan, pastilah kita ingin mendapatkan pekerjaan yang kita impikan sesegera mungkin. Namun disisi lain mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah itu sangat sulit, ditambah lagi setiap bulannya selalu ada lulusan baru yang membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar. Lalu, terciptalah waktu dimana kita tidak produktif atau biasa disebut menganggur.

Sebenarnya tidak ada diantara kita yang ingin menganggur, selain tidak enak dengan orang tua juga malu dengan tetangga dan teman-teman. Tetapi kita tidak bisa memaksakan kita bisa ketrima kerja di tempat kerja impian kita begitu saja, kita harus sabar menunggunya. Oleh sebab itu, jika tidak ingin dianggap menganggur karena menunggu pekerjaan impian, kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satu diantaranya kita bisa menekuni hobi dan passion kita. Nah, daripada kita Cuma melakukan hobi gitu aja dan tidak menghasilkan apa-apa, kita bisa loh mengembangkan hobi itu menjadi pekerjaan di kala kita menganggur. Disini saya akan berbagi beberapa pekerjaan yang bisa kita lakukan dikala kita menganggur. Selain dapat mengisi waktu luang sembari menunggu panggilan interview dari pekerjaan yang kita impikan, kita juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. So, let’s check this out and #BeMoreProductive, gais !

1. Kamu Punya Kemampuan Menulis, Menerjemahkan Artikel, atau Design Grafis? Cobalah Mendaftar Menjadi Freelencer.

pict by comoganhardinheirotrabalhandoemcasablog.wordpress.com
Selain menjadi pekerjaan sampingan, kini sudah ada yang menjadikan Freelencer sebagai pekerjaan utamanya. Selain karena waktu yang fleksibel, bekerja menjadi freelencer juga menyenangkan karena kita sendiri yang memilih pekerjaan mana yang akan kita kerjakan. Tidak ada paksaan dari pihak tertentu agar kita harus mengerjakan suatu pekerjaan, semua tergantung kita. Jadi buat kamu para fresh graduate bisa banget bekerja jadi freelencer dan tentunya pekerjaan ini tidak akan mengganggu waktu interview kerjamu karena semua jadwal kerja kamu yang akan menentukannya. Kamu juga tidak usah bingung lagi dimana kamu harus mencari pekerjaannya karena sekarang sudah banyak sekali situs website untuk mencari pekerjaan bagi para freelencer seperti Project.co.id atau Sribulencer.com.  

2. Suka Berbelanja Online? Kenapa Tidak Mencoba Membuka Online Shop?

pict by http://sinarharapan.net
Di zaman milenial seperti sekarang ini, berbelanja online sudahlah menjadi hal yang wajar dan sering dilakukan oleh masyarakat. Bahkan sekarang sudah banyak para penjual yang memilih membuka tokonya online dari pada offline. Selain karena membuka toko online itu gratis, juga sudah banyak marketplace yang berkembang di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, JD.ID, dll. Kalo kamu suka berbelanja online, cobalah keberuntunganmu membuka online shop. Jika kamu belum memiliki banyak modal, kamu bisa menjadi reseller atau dropshiper yang tidak membutuhkan modal yang banyak. Berbekal smartphone, laptop, dan paket internet kamu sudah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

3. Ingin Sukses Seperti Bos Go-Jek atau Tokopedia? Coba Ajak Teman-temanmu Merintis Start Up

pict by Maxmanroe.com
Sekarang ini Start Up lagi naik-naiknya. Seperti mencari pekerjaan, banyak teman-teman saya yang ingin bekerja di Start Up karena fleksibel dan orang-orangnya masih muda. Kalo kita bisa membuat Start Up sendiri kenapa kita harus bekerja dengan orang? Nah, kamu juga bisa mengisi waktu luangmu dengan menggandeng teman-temanmu yang ahli dibidangnya untuk membuat Start Up baru. Gak usah yang sulit-sulit dan ribet, kamu bisa memulainya melalui line atau website terlebih dahulu. Seperti ojek online di Malang yang bernama Kejo Malang telah sukses walau hanya menggunakan line.

4. Begabung Menjadi Tim Wedding Organizer Juga Bisa Menjadi Salah Satu Pilihan

Pict by www.artfullywed.com
Kamu tinggal di kota besar? Kamu punya segudang ide-ide menarik? Kamu bisa memilih bergabung menjadi tim wedding organizer sebagai pekerjaan pilihan di waktu luangmu. Selain kamu bisa menyalurkan ide-ide kreatifmu, kamu juga bisa belajar bagaimana mengorganisir suatu pernikahan. Selain penghasilan yang cukup menggiurkan, bergabung dengan wedding organizer akan banyak memberikan kamu ilmu dan tentunya kamu akan tau harga gedung, make up, catering, dll jadi kamu bisa bersiap-siap merancang biaya pernikahanmu.

5. Dulu Pernah Menjadi Asisten Dosen atau Asisten Praktikum? Coba Terapkan Ilmunya dengan Membuka Les Privat

Pict by http://lesprivat99.com
Mungkin pekerjaan yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh para mahasiswa untuk menambah uang saku bulanan, tapi tidak ada salahnyakan ketika kita lulus kuliah dan melakukan pekerjaan ini untuk mengisi waktu luang? Ditambah lagi kita dulunya pernah menjadi asisten dosen atau asisten praktikum di kampus akan menjadi nilai tambah buat kita untuk melakukan pekerjaan ini. Gak punya muridnya? Sudah jangan khawatir, kamu bisa menyebarkan flyer di sekolah-sekolah atau menyebarkan broodcast kalo kamu lagi membuka kelas les privat.

6. Tinggal di Daerah Wisata Menjadi Keberuntunganmu Karena Kamu Bisa Menjadi Tour Guide Untuk Mengisi Waktu Luangmu

pict by darshnam.com
Kamu tinggal di daerah wisata? Kamu paham sejarah atau cerita rakyat daerah tersebut? Wah, kamu beruntung sekali karena kamu bisa ikut travel wisata dan mendaftarkan dirimu menjadi tour guidenya. Enaknya menjadi tour guide itu kamu tidak akan merasa bekerja karena kamu bekerja sembari berwisata. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa mendapatkan jodoh, lebih-lebih dapet jodoh bule hehe

7. Suka Fotografi? Coba Deh Keberuntungan Menjadi Fotografer Profesional

pict by Techno.id
Sekarang apa-apa harus diabadikan dengan kamera. Contohnya saja ketika wisuda kemarin, teman-teman saya berlomba-lomba menyewa fotografer pribadi untuk mengabadikan momen terindahnya. Selain hasilnya bagus, menyewa fotografer juga mempermudah si wisudawan untuk mendapatkan  momen –momen epik tertentu yang tidak bisa diulang dan hanya bisa diabadikan oleh fotografer Selain itu, sekarang juga zamannya studio-studio foto dibuka dengan berbagai macam range harga. Cobalah keberuntunganmu disana, siapa tau memang rezekimu ada disana, kalo belum setidaknya kamu punya portofolio untuk ditunjukkan jika kamu melamar kerja nantinya.

Biasanya setelah satu masalah terpecahkan, masalah lainnya akan muncul. Seperti ketika kita ingin membuat Start Up dan kita ingin rapat tetapi bingung mencari tempat rapat yang kondusif. Kenapa kondusif? Karena kalo suasana rapat kondusif kita akan mendapatkan hasil rapat yang kita inginkan, ide-ide akan muncul begitu saja, fokusnyapun gak akan lari kemana-mana. Kenapa gak rapat di cafe? Kalo rapat di cafe itu berisik dan bikin gak bisa fokus karena kadang ada orang yang ngasih surprise ulang tahun, main games sampai teriak-teriak, pengamen, dll, bikin kita pengen nengok kesana. Belum lagi kalo kita rapat butuh fasilitas yang lengkap, gak mungkin kan kalo di cafe?

Kadang juga ada kasus pas kita mau ketemuan bahas konsepan wedding sama client, eh tiba-tiba kantornya di renovasi. Kalo udah janjian gak mungkinkan kalo dibatalkan? Nanti clientnya ngambek dan menuduh kita tidak profesional. Nah, oleh karena itu XWORK menjawab kegelisahanmu dengan menyediakan jasa penyewaan Ruang Meeting dan Ruang Kantor yang bisa kamu pesan, bahkan lima menit sebelum kamu meeting. Kenapa begitu? Karena pemesanan ruangan melalui XWORK dilakukan secara online, dijamin mudah dan sangat membantu kamu-kamu yang sedang mencari ruangan untuk meeting atau kantor.

Tampilan halaman utama XWORK di website

Apa saja ruangan yang tersedia di XWORK?


Jenis ruangan yang XWORK sediakan
XWORK tidak hanya menyediakan ruangan untuk meeting atau kantor saja, banyak ruangan yang disediakan oleh XWORK. Ruangan lain yang disediakan oleh XWORK yaitu Ruang Acara, Coworking Space, dan Virtual Office. Tidak usah khawatir tentang fasilitas ruangan yanga da di XWORK, ruangan-ruangan yang ada di XWORK sebagian besar sudah disediakan berbagai macam fasilitas seperti air mineral gratis, wifi, papan tulis, dll. Jika kamu meminta fasilitas tambahan, kamu bisa merequestnya ketika kamu pesan ruangan nanti. Kalo kamu takut kelaparan ditengah-tengah rapat/meeting, kamu juga bisa memesan makanan tambahan ketika kamu akan memesan ruangan nanti. Lengkap sekali bukan?

Kenapa harus memilih XWORK?

Kalo menurut XWORK, ada empat alasan kenapa kamu harus memilih XWORK ketika kamu ingin menyewa ruangan seperti gambar dibawah ini :

Dari web XWORK
Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa kamu harus memilih XWORK yaitu :

  • Selain melalui website, XWORK juga tersedia versi mobilenya. Kamu bisa download aplikasinya di Playstore atau Appstore dan jika sewaktu-waktu kamu ingin memesan ruangan dadakan kamu bisa tinggal membuka aplikasinya. Mudah bukan?
  • XWORK menyediakan berbagai macam promo. Jika kamu sering menyewa ruangan menggunakan XWORK, kamu harus berlangganan di News Letternya. XWORK akan dengan senang hati memberitahu penawaran menarik dan promo melalui email.
  • Kamu tidak perlu takut tertipu apabila memesan ruangan melalui XWORK, karena XWORK akan menyediakan foto ruangan dari berbagai macam sudut dan kamu bisa membayangkan bagaimana suasana ruangan tersebut. Selain itu, XWORK juga menyajikan deskripsi ruangan lengkap beserta fasilitas, cara akses ke ruangan tersebut, serta menu makanan dan minuman yang tersedia untuk ruangan tersebut.
Wah, bagaimana? Sudah tertarik untuk rapat dan menyewa ruangan melalui XWORK? Atau bahkan ingin membuka les-lesan dan menyewa ruangannya melalui XWORK? Tapi gak tau cara memesan ruangannya? Dan sekarang muncullah pertanyaan...

Bagaimana Cara Memesan Ruangan di XWORK?

Sangat mudah sekali untuk memesan ruangan di XWORK, kamu hanya butuh smartphone/laptop dan jaringan internet, dan beginilah cara pemesanannya :

Diagram cara pemesanan di XWORK

  1. Buat akun di XWORK, kamu hanya diminta untuk mengisi nama, no HP, email, dan password.
  2. Pilih kebutuhan ruangan yang ingin kamu sewa, apakah ruangan meeting, acara, kantor, atau coworking. Setelah itu isi daerahnya, tanggal dan waktu, kapasitas, dan fasilitas apa yang ingin kamu pesan dari ruangan tersebut. Pilih ruangan yang sesuai.
  3. Konfirmasi lagi mengenai waktu dan ruangannya, pastikan kamu benar mengisinya dan setelah itu Bayar. Kamu bisa membayar melalui transfer bank ke Bank BCA atau melalui kartu Kredit/Debit.
  4. Selesai, kamu kini telah berhasil menyewa ruangan di XWORK.
Sekarang kamu gak usah bingung lagi ya pas belum dapet kerja dan nganggur mau ngapain karena sudah ada jawabannya diatas. Kalo rapat dan butuh tempat meeting juga sudah tidak bingung lagi, jawabannya juga sudah ada diatas. Sekarang tinggal kapan kamu akan bergerak dan #BeMoreProductive?

Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition XWORK #BeMoreProductive

Sampai Jumpaon XWORK 
Semoga Bahagia

You May Also Like

12 comments

  1. Ruang-ruang kreatif gini emang diperlukan banget sih. Terus juga lebih hemat biaya daripada harus bangun gedung sendiri, belum lagi untuk pembiayaan operasional kantor. Apalagi untuk anak milenials saat ini, XWORK bisa jadi ruang untuk kolaborasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaab betul memang, soalnya sekarang sudah berkembang gitu bisnis gak melulu punya kantor hehe

      Delete
  2. kalau dilihat dari apa yang ditawarkan, Xwork ini cocok banget buat bikin startup. Punya ruangan kerja zaman sekarang bisa lebih gampang dan gak ribet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, XWORK menjawab kebutuhan memang. Kan sekarang lagi gencar-gencarnnya start up berkembang hehe

      Delete
  3. Dengan adanya XWORK membantu banget ya, Teh..
    Dan point-point diatas memang aku lakukan setelah lulus waktu itu..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, soalnya kan jaman jaman start up jadi memang butuh tempat seperti xworks.

      wah, berarti bener ya banyak yg lakuin hal itu hehe

      Delete
  4. Satu diantara yg ditulis di atas pernah gue lakuin pas nunggu interview. Yah, lumayan aja. Hehe

    Btw, sepertinya xwork sangat membantu bgt ya? Ah. Baru tau nih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, ada tambahan nih. Kok dibuka via hp, blog ini sedikit kepotong ya?

      Gue baca saat ini pake Chrome via Hp. Coba di cek kak, kali aja ada eror.

      Delete
    2. lumayan dapet pengalaman ya kak hehe

      iya ini emang templatenya kak, aku mau ngubah belom sempet dan bingung juga sebenernya haha
      sama kalo komentar pertama di hape itu juga gak bisa haha

      Delete
  5. Nomor satu dan dua masih gue kerjain nih, sambil kerja juga. Tapi enggak jadi yang utama, cuma sampingan aja.

    gue baru tahu xwork, teryata ada ya ruang meeting yang bisa di sewain, kirain cuma di hotel atau restauran doang... Norak ya gue... tengkyu informasinya, mungkin suatu saat biasa berguna buat gue...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku juga pengen ngelakuin kak. tapi belom ada waktu, iri ih huhu


      tapi udah tau xworks ya sebelumnya? hehe iya sama-sama semoga bermanfaat :D

      Delete
  6. haiiii, aku suka sekali sama penampilan blogmu, elegan dan terlihat profesional :)

    Bisa juga kalau kamu lulusan fakultas pendidikan, sembari menunggu interview buka aja les private ddi rumah...lumayan buat jajan. Eh, malah ada yang kebablassan dan bukannya jadi ngelamar kerja tapi malah buka les private di rumah secara professional. Sebenarnya otu juga yang pingin aku rintis nanti setelah melahirkan :)

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)