IPA atau IPS? Ah, sama saja

by - 08.59.00



mana pilihanmu?

Haloha pembaca setia blogku *kek ada yg baca aja qiu*muehehe *ketawa sepuluh jari :P*
Ini saya mau cerita pemirsa, jadi beberapa hari yang lalu anak – anak sekolahkan pada masuk tuh, yah meskipun saya cuti udah 3 bulan dari bangku sekolah, tapi Alhamdulillah saya enggak kudet dari berita – berita mereka :D

Berawal dari tweet – tweet yang muncul begitu saja di teel saya. Itu tuh, para ABG labil saling beradu pendapat tentang jurusan sekolah. Ada yang bilang anak IPA itu pasti pintar terus anak IPS itu buangan. Ada juga yang bilang anak IPS itu gak bisa apa – apa. Jleb banget gak tuh? Saya yang bukan anak IPS saja rasanya sakit, sakit banget, sakiiiiittttt. Nah, dari situlah ide bikin postingan ini muncul. Sedikit cerita tentang jurusan IPA dan IPS. Biar mata orang kebuka, gak ngeremehin anak – anak IPS dan tentunya gak sampe salah pilih jurusan :)

Jangan sampe, salah pilih jurusan :)

Saya memang bukan anak IPS sih, tapi setidaknya saya lebih tau dari pada anak – anak kelas 10 yang masih bocah – bocah itu. Banyak pengalaman teman  - teman saya  yang katanya sih nyesel banget masuk IPA. Mungkin mereka nyesel karena mereka belom kenal IPA ataupun IPS terus gegabah milihnya, atau mungkin saja mereka ikut – ikut temen, pengen dibilang pinter, atau apalah itu, hanya mereka dan tuhanlah yang tahu J Nih, sedikit ulasan saya tentang jurusan IPA dan IPS.
Nb : saya gak memihak jurusan manapun.

IPA

Kata orang sih Ilmu Pengetahuan Alam, jadi ya belajar tentang alam. Mulai dari tumbuhan, hewan, manusia, kejadian yang ada di alam, sampai partikel aja itu dipalajari. Hal – hal sepele seperti kecepatan buah jatuh, gaya yang diperlukan untuk mendorong gerobak, energy yang dibutuhkan untuk atom pindah aja dipelajari, siapa yang peduli coba? Palingan juga orang – orang yang bergelut dibidangnya, ya kan? Dan gak semua orang selalu berhubungan dengan hal tersebut. 


Gak tau kenapa banyak banget bocah – bocah yang pengen banget masuk IPA. Banyak sih alasannya, mulai dari yang ngikut temen, takut kalo dibilang bodoh kalo masuk IPS, ada yang takut kalo temennya nakal, takut takut takut dan takut. Alasan yang gak rasional banget. Jangan pikir kalau jadi anak IPA terus ente ente dianggep pinter, itu SALAH BESAR. Kalau mau pinter ya belajar, apa ada orang masuk IPA langsung jenius? Harusnya itu, lo masuk kesana dan lo tau mau jadi apa. Setidaknya punya alasan yang masuk akallah, misal aku pengen jadi dokter jadi aku masuk ipa atau aku suka pelajaran fisika nanti kalo aku di ips aku gak ketemu lagi sama fisika. Tapi jarang banget orang yang gitu. Kebanyakan orang yang milih IPA itu disebabkan karena GENGSInya yang besar.

Harus punya alasan :)

- Terus apa alasanmu masuk IPA qiu? Gengsi jugakah?

Eits, saya tak seperti mereka. Alasan saya dulu *3 tahun lalu* pengen masuk IPA karena saya suka banget pelajaran BIOLOGI sama KIMIA, dan saya gak suka banget pelajaran GEOGRAFI sama SOSIOLOGI. Terus saya dulu juga pengen jadi Apoteker, so saya pilih IPA. Alasan yang masuk akalkan? Meskipun dilain sisi saya gak suka dan gak bisa FISIKA, dan saya cinta banget sama pelajaran AKUTANSI. Tapi saya harus memilih, dan pilihan saya jatuhkan ke IPA, bukan karena saya gengsi hlo ya, catet.

Parahnya itu ketika mau kuliah. Banyak anak – anak IPA yang lintas jurusan, SMA IPA tapi ambil kuliah jurusan IPS. Kenapa dengan orang – orang itu? Enggak mubazir ilmu IPA 2 tahun gak kepake. Apa mereka dulu ambil IPA Cuma karena GENGSI? Banyak loh, temen – temen saya yang kayak gitu. Ini fakta cuy .

IPS

IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial, eh ada juga yang bilang Ikatan Pelajar Sukses :D setau saya kalo di IPS itu mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan social manusia. Hubungan timbal balik manusia dengan manusia, soal keuangan, deelel. Jadi sebenernya ilmunya anak IPS terutama sosiologi itu berguna banget dalam kehidupan sehari – hari. Tau sendiri kita inikan makhluk social :D


Sayang, banyak orang yang menganggap remeh IPS. Dan faktanya, memang sedikit anak – anak yang dari hati memilih IPS. Kebanyakan dari mereka itu anak – anak yang memilih IPA tapi nilainya gak cukup dan akhirnya ke IPS. Nah, dari sinilah banyak yang beranggapan kalo anak – anak IPS itu anak – anak buangan. Tapi salah banget kalo anak IPS itu anak yang gak pinter. Soalnya kakak kelas saya yang IPS ada yang olimpiade sampai tingkat provinsi. Adek saya yang ranking 2 di kelas juga milihnya IPS *gak bermaksud sombong ya*. Dan para pengusaha sukses kebanyakan adalah anak IPS. 
 Sebenernya saya rada ngiri sama anak IPS, soalnya pas milih jurusan kuliah anak IPS bisa langsung milih bahasa. Nah, anak IPA harus ambil IPC dulu. padahal kan bahasa juga aad di IPA u,u 

Sebenernya sih IPA atau IPS itu sama aja. Tergantung gimana kitanya. Kalo kita rajin belajar dan bersungguh – sungguh ya pasti kita berhasil. Mau masuk IPA kalo gak pernah belajar ya jadinya remed mulu, IPSpun juga gitu. Jadi, gak ada tuh yang namanya jurusan bagus atau jelek, pokoknya semua tergantung sama kitanya. Dan jangan pernah sekali – kali menghina antar jurusan, belum tentu kita mampu di jurusan tersebut. 

Gak segitunya juga sih GALAUnya :p

Buat adek – adek yang mau milih jurusan, pertimbangin mateng – mateng mau milih jurusan apa. Harus punya alasan yang kuat kenapa milih jurusan itu. harus tau juga prospek kedepannya jurusan yang kamu pilih, jangan sampai ada kata SALAH PILIH JURUSAN dan akhirnya NYESEL, karena penyesalan itu selalu datang di akhir. Ini buat masa depanmu, jadi jangan main – main ya. soalnya saya pengalaman banget, banyak dicurhati sih :D
Oke segitu aja, semoga bermanfaat ya ^^

You May Also Like

30 komentar

  1. bener tuh mbak banyak yg ngerendahin ips, padahal anak ipa kalo disuruh ngerjain soal ips jg kan belum bisa, kalau saya masuk ips sih bukan karna gagal masuk ipa tp emang nyadar kemampuan di ips :D nice opini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya harus bertanggung jawab sama pilihan :)

      Hapus
  2. iaaa bener. gue stuju. anak IPA gak melulu pinter ahh. buktinya kalo gue lagi lomba, dan lawanya anak SMA. pasti dia dari jurusan IPS. jarang yg dari IPA. tuh kan IPS juga keren kok. santai ajaaa. gue dong. jurusanya MULTIMEDIA lebih keren kann, namanya aja keren tuh hahahah

    BalasHapus
  3. iya bener semuanya sama saja hanya niat yang membeadakan antara usaha dan keinginan hehe :D

    BalasHapus
  4. gue anak IPA tapi jiwa IPS, gue suka ngitung baik matematika, fisika atau kimia, tapi gak suka ngapal kayak sejarah, geografi. Meskipun gue IPA, brandalannya dulu kayak anak IPS kok, jadi gak ada patokan kalo anak IPA itu kalem semua, IPS itu berandalan semua, dan paling aneh lagi sekarang gue udah mau wisudaan dan jurusan gue AKUNTANSI yang notabene itu jurusan IPS :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jurusan SMA hanya batu loncatan untuk kedepannya, yang penting jurusan kuliah :)

      Hapus
  5. aku gak tau kenapa. malah pengennya IPS. gak tau kenapa. padahal gak ada yang ngedorong ataupun gimana. tapi kayaknya IPA juga enak sih #mulaigalau
    bener tuh. semuanya sama aja. IPA sama IPS itu sama aja. gak tentu anak IPA itu pinter pinter dan anak IPS juga gak selalu anak buangan :\ oke intinya mereka berdua [IPA dan IPS] itu sama aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, jurusan apapun yang penting niat dan usahanya harus pol :D

      Hapus
  6. mereka bingung itu soalnya UUD, ujung2nya duit, mereka takut ketika ambil IPS cuma bisa kuliah di jurusan sosial soalnya masyarakat menganggap ilmu sosial minim lowongan kerja. Dan gue udah ngebuktiin, di saat gue udah ketrima kerja dan temen2 gue belum.... tapi perlu elo sadari belajar itu niatnya jangan cari duit, elo enggak pernah asik menikmati masa2 sekolah dan kuliah, biarlah masa depan itu rahasia Tuhan. Tuhan kan Maha Kaya, engak mungkin kita mati gara2 g dapat kerja

    BalasHapus
  7. iya bener sih, banyak juga anak IPS yang berprestasi kan, kek akuntansi, sejarah, dll gitu...yg pnting jgn salah jurusan kek aku dulu, ambilnya IPA, jga ujung ujungnya fakultasnya bahasa Inggris...@.@ untungnya endingnya benerr dan sesuai passion :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya setidaknya bahasa inggris juga ada di IPA :)

      Hapus
  8. Gue sih lebih percaya anak IPS lebih pinter. Anak IPA tuh lebih kaku. Ah sudahlah..

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. gue sih jurusan ipa. males masuk ips. anaknya enggak rajin2. kalo ipa sih kebanyakan anak2 yang "bener." so, gue pilih ipa! haha

    BalasHapus
  11. iya, biasanya suka gengsi gengsi an kalau IPA itu anaknya pasti pintar pintar. kalau aku sih mendingan masuk SMK. pilihan jurusannya lebih banyak hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kuh, langsung menjurus kalo d SMK :D

      Hapus
  12. Jurusan SMA itu cuma dasar yang kecil, kalo kuliah nanti juga belum tentu masih satu jalur. Kerja juga gitu, gak selalu satu bidang sama jurusan kuliah. Tapi kalo cita-cita kamu kuat, kejar emang sampe tercapai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngejar cita-cita kalo tuhan gak rido ya sama saja :D

      Hapus
  13. Yap bener kata lo, banyak orang yang masuk jurusan IPA cuma gegara gengsi. Waktu ulangan nilainya jeblos.
    Emang jalur mencari kuliahnya IPA lebih luas dibanding jurusan IPS. Tapi banyak juga yg pada akhirnya anak IPA masuk jurusan IPS waktu kuliah. Tipsnya sebelum nentuin mau jurusan IPA atau IPS. Kita harus mikirin mau kemana setelah tamat sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah setau aku banyak IPS jurusan kuliah.
      bahasa - bahasa itu pada ips .

      Hapus
  14. bener banget tuh, anak ipa jadi anak kesayangan deh kalo di sekolah. Tapi kan kemampuan tergantung dari masing-masing pihak, beda kepala beda isi dong. Tapi masalah masa depan siapa yang tau? apapun jurusannya yang penting belajar aja dulu, nikmatin aja dulu... :D

    BalasHapus
  15. itu gambarnya kocak banget X))
    hupet, dulu juga aku sempet galau pake banget,
    apa lagi anak sekarang ya? kan penjurusan udah dimulai dari kelas sepuluh :/
    gak kebayang jadi mereka yang bakalan kayak kelas aksel belajkarnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa merasakan indahnya ipa dan ips :D

      Hapus
  16. Ratna Rofikoh25 Juli 2014 14.38

    good deh blog ini, thanks kak arahannya.:D

    BalasHapus
  17. jangan sampe kayak aku. dulunya pengen masuk ips, karena sesuatu jadinya malah masuk ke ipa. nyesel iya, stress iya :(

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)