[ExploreNgawi] The Secret Paradise, I Call It "Suwono Waterfall"

by - 22.07.00

Talent : Rizka Peak :p

Baca salah satu postingan teman tentang air terjun, jadi keinget waktu saya liburan kemarin sempat berkunjung ke salah satu air terjun yang ada di Ngawi. Memang belom terlalu terkenal, mungkin masyarakat Ngawi sendiri juga banyak yang belum tau. Tapi karena waktu itu benar – benar penasaran dengan air terjun yang masyarakat sekitar menyebutnya air terjun suwono, akhirnya saya bersama tiga orang teman saya pergi ke sana. Ya, meskipun kita berempat sama – sama belum tau persis dimana tempatnya. Kami hanay sekedar tau kalau air terjun itu di daerah sine, Ngawi bagian pegunungan.

Adek istirahat dulu bang, perjalanannya masih jauh :p

Kami berempat setuju berkumpul di rumah saya, dan tepat jam 10.00 wib kami berangkat. Saya berboncengan dengan mbak dewi ( sobat ndagel dan gosip dari smp), dan wyndys ( teman ngaji, TK sampai sekarang ) berboncengan dengan rizka ( twin saya, sama - sama lahir 17 maret ). Perjalanan sekitar satu jam berjalan lancar sampai pada akhirnya kami benar – benar gak tau jalan mana yang harus kami pilih. Memang di daerah sine tempat dimana air terjun suwono berada banyak air terjun, seperti air terjun srambang dan air terjun pengantin. Dan pada akhirnya kami bertanya pada penduduk sekitar untuk mendapatkan suatu jalan yang lurus.

Air Terjun Suwono dilihat dari jauh

Air Terjun Suwono dilihat dari dekat

Setelah melewati jalan naik, turun, berbelok tajam, hutan – hutan pinus, jalan sempit, akhirnya kami sampai di area air terjun suwono. Medan yang masih tanahpun juga kami jumpai. Ketika kami bertanya terkahir kepada salah seorang penduduk, beliau menuturkan bahwa kami sudah berada di area suwono, kami tinggal berjalan 100 meteran dengan meninggalkan motor kami di parkiran. Tapi, ketika kami menuju lokasi yang ditunjukkan penduduk tersebut, kami tidak menemukan penjaga parkir tapi kami menemukan tempat parkir dan karena takut keamanannya kami memutuskan untuk membawa motor kami untuk menuju lokasi air terjun yang tinggal beberapa langkah tersebut. Jalan yang bertanah, sedikit becek, dan berbatuanpun kami temui dan setelah kami sampai di jalan terakhir kami tidak menemukan air terjun yang kami cari. Karena bingung mencarinya, kami kembali ke lokasi tempat parkir yang tidak ada penjaganya tadi.

ala - ala sinetron KOLOSAL? -__-

Ketika sampai di tempat parkir motor itu, kami menanyakan lagi letak air terjun suwono kepada salah seorang penduduk sekitar yang baru pulang berkebun, dan sebenarnya air terjun itu sudah tinggal 10 langkah di hadapan kami sewaktu kami kebingungan mencari air terjun tadi. Kami tinggal turun, kemudian belok kiri. Aaah,mungkin tadi kami kurang teliti mencarinya. Karena kami merasa tidak ada jalan dan seperti jurang jadi kami pikir kami salah jalan, ternyata air terjunnya masih jauh di kiri kami. Alhamdulillah, perjuangan kami tidak sia – sia. Setelah kami kembali ke tempat itu dan melihat air terjunnya kami benar – benar mengagumi ciptaan-Nya. Subhanallah, indah sekali memang lukisan Tuhan ini.

Teman paling ndagel sampe sekarang, awet ya mbak ndagelnya :D

Perjalanan menuju pusat air terjun juga tak semudah perkiraan saya, kami harus merangkak melewati batu besar nan licin untuk menuju pusat air terjun, sangat subhanallah sekali. Tapi semua itu memang terbayar, rasanya kami gak ingin pulang melihat semua keindahan itu. Tapi karena cacing – cacing di perut kami terus bernyanyi yang menandakan kami harus segera pulang dan mengisi bahan bakar, akhirnya kami dengan terpaksa harus pulang dengan hanya membawa keindahan itu dalam bingkai foto yang kami ambil. Tapi itu sudah sangat memuaskan, pengen kapan – kapan lagi saya explore Ngawi dengan segala keindahan alami yang belum dijamah para manusia bertangan nakal. Satu info terlupakan, masuk air terjun tersebut GRATIS, dan saya masih gak percaya itu sampai detik kalian baca tulisan saya ini.

Hutan Pinus Suwono dan abaikan benda biru dibelakang:p

Sama Twin beda ibu, bapak, dan beda nasib ._.

Mau main ke Ngawi? Yuk, sini bareng saya. Banyak destinasi Ngawi yang belum saya jelajahi kok :D

You May Also Like

15 komentar

  1. Mirip kayak madakaripura di pasuruan sya. btw keren nih waterfallnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih, belom pernah kesana ashya :(
      hehe, sini maen maen k ngawi :)

      Hapus
  2. air terjunnya jernih ya, tempat yang pernah kukunjungin dulu airnya agak coklat karena tanah.
    Tapi tempat bagus kayak gitu kok bisa nggak terkenal ya

    quotenya keren, menikmati saat tersesat.
    kalau nggak bisa pulang gimana tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang di explore sama pemerintahnya.
      ntar kalo banyak dikunjungi pasti jadi rusaak u,u

      Hapus
    2. Bener juga.
      Kebiasaan orang Indonesia pasti bakal ngerusak.
      Sampah dimana-mana pastinya... dan karena lagi musim batu...ntr pada diambilin tuh batu yg di bawah air terjun.

      Hapus
  3. gratis? Padahal tempat indah, tapi enak juga sih, hehe.. Tentunya lebih alami dan belum ada campur tangan dari pemerintah. Pengalaman yang seru dan menarik, saya udah lupa kapan terakhir saya jalan-jalan ke tempat yang ada air terjunnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaah, ayo main - main kesini.
      masih benar - benar alaaam banget .
      belom dirusak oleh tangan - tangan jahaaat :D

      Hapus
  4. Oh ngawi ada wisatanya toh ? hmm baru tau *eh wkwkk :P udah di follback yee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikiraaa ngawi hutan belantaraa tok? hahah
      weeh, ashya di folbek bahrululum.com, yeee -__-

      Hapus
  5. boleh juga sih.......
    mirip-mirip lah sama curug yang waktu itu pernah gue mampirin, tapi ini keliatan lebih bersih airnya. ada hutan pinusnya segala, gaul banget. airnya... pasti dingin :")

    BalasHapus
  6. Air terjunnya kerennya.
    Kayaknya destinasi wisata di hutan gak kalah saing dengan yang dipantai.
    ada hutan pinusnya, air terjunnya jernih, pasti udaranya juga bersih dan segar.
    klau di medan juga ada yang kayak gini, tapi mesti blusu-blusuk dulu baru sampe

    BalasHapus
  7. Cyeee Kak Ashya anak alam cyeeee :p

    BalasHapus
  8. Kakak aku ijin copy gambarnya ya? nanti aku kasih caption di bawah gambar alamat blog ini. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. caption alamat blognya saya tulis di bawah gambarnya.

      Hapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)