Nyusup di School Campaignnya KKN 41 UMM

by - 09.23.00


Seperti yang saya ceritakan di postingan saya sebelum ini bahwa saya sedang melaksanakan kegiatan magang kerja saya di Sidoarjo. Tetapi karena ada yang ketinggalan, akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke Malang di minggu ke dua saya. Eh, baru mulai minggu ke tiga saya dapet pesan dari teman kos kalo saya dapet surat dan paket. Karena saya penasaran setengah mampus, akhirnya weekend di minggu ketiga saya magang, saya sempatkan untuk kembali ke Malang. Dan setelah di belain ke Malang ternyata isi surat itu kartu ucapan selamat idul fitri. Ngenes gak sih Malang-Sidoarjo motoran dua jam terus ternyata dapet zonk gitu? Padahal kan ekspektasi saya dapet balasan surat dari mantan, eh maksudnya surat warisan gitu, hehe. Karena males gabut di kosan saya memutuskan untuk ikut aksinya Earth Hour Malang yang kebetulan di undang oleh mahasiswa KKN UMM di Wajak untuk mengisi materi. 


Persiapan singkat kita lakukan dan kesepakatan mengatakan bahwa volunter EHM berkumpul di McD Watu Gong untuk kemudian dijemput oleh salah satu rekan KKN 41 jam 7 di sabtu pagi 6 Agustus 2016. Setelah volunter EHM berkumpul, berangkatlah kami ke wajak yang dalam sejarah di wajak ini pernah di temukan fosil Homo Wajakensis dan di wajak ini juga pernah di bangun Jembatan Asa SCTV.

Di perjalanan menuju Wajak kami para volunter asyik sekali bercerita dari materi yang nanti akan kita berikan, flashback aksi, cerita liburan, sampai cerita mantan. Karena asyik bercerita seakan kami melupakan dua mas-mas yang sudah baik hati menjemput kami, akhirnya obrolan dengan mereka kami mulai. Dari obrolan basa-basi itu ternyata fakta mebuktikan bahwa mas-mas itu bukanlah mahasiswa yang sedang KKN melainkan salah satu masnya pacarnya KKN trus dimintain tolong gitu. Duh, masnya so baik syekali huhuuu...

Wajak Squad ( dari kiri ke kanan : Frido, Alvi, Cicit, Mbak Ucin, saya, Mbak Del, Mas Wan)

Setelah gaktausihberapalamagakngitung akhirnya kami sampai juga di tujuan kami yaitu Wajak. Kami langsung diantar ke sekolah di mana kami akan melakukan aksi di sabtu cerita tersebut. Kali ini aksi yang akan kami lakukan adalah School Campaign. Hampir sama sih sebenernya dengan aksi SC sebelumnya, bedanya disini kami gak nyari sekolah sendiri, kami tinggal datang dan ngasih materi. Rencananya aksi ini kami bakalan ngasih materi sampah dan energi yang kemudian di lanjutkan dengan role play pembuatan tempat spidol dari botol.

Sambutan hangat sangat kami rasakan ketika baru menginjakkan kaki di sekolahnya. Siswa-siswinya langsung bersalaman dan caper-caper gitu, emeuush jadinya. Belum lagi gurunya yang ramah dan teman-teman KKN yang sangat baik dan asyik.

Setelah beberapa menit berbincang dengan Mas Ali yang notabene adalah ketua dari KKN 41, akhirnya tiba juga untuk kita melakukan aksi. Materi pertama pada aksi ini adalah materi sampah yang kebetulan pematerinya adalah saya. Awalnya deg-degan, bingung juga gimana ngejelasin materi ini soalnya yang dikasih materi adalah adik-adik kelas 3 SD. Mikir bentar, dan ahaaa. Ide-ide sok ajaib muncul di kepala. Saya coba menyampaikan materi dengan sangat sederhana dan intermezo serta pengulangan dan penekanan pada kata kunci yang penting agar materinya bisa masuk ke adek-adek. Setelah saya memberikan materi dilanjutkan temen saya yang kemarin baru launching blog barunya memberikan materi. Saya duduk membaur dengan adek-adeknya di bawah, dan menurut saya si frido temen saya ini juga agak kesusahan untuk memberikan materi energi kepada anak kelas 3 SD, tapi kebingungan kita semua bisa teratasi dengan semangat adek-adek, horaaaay

Sok iye ya saya :p

Selesai materi, saatnya role play. Mendengar kata-kata tersebut adeknya senang bukan main yang menambah semangat kami yang sedang aksi. Kelas di bagi menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelompok terdapat 4 anggota dan satu kakak pembina. Kemudian masing-masing kelompok diberi botol, lem, gunting untuk membuat role playnya. Kebetulan saya juga pegang satu kelompok untuk dibimbing dalam pembuatan kotak spidol itu. Mereka semua antusias, membantu ini itu, bercerita ini itu, aaah saya selalu suka berada diantara anak-anak kecil ini.

keriweuhan

Setelah Keriweuhan

Karena waktu yang diberikan tidak banyak, mau tidak mau berakhirlah aksi kami hari itu. Perpisahan harus kami lakukan dengan adek-adek MI Tahfidz Hidayatul Muttaqin Desa Blayu  Meskipun berpisah, tapi kami semua senang sekali karena sudah belajar bersama untuk menjaga lingkungan. Semangat ya adek-adekku, ingat jangan buang sampah sembarangan yaaa...

Selesai dari sekolah kami di jamu oleh teman-teman KKN 41. Gak nyangka, teman-teman KKN 41 super duper plus plus baiknya. Udah kami dijemput, kami juga di jamu dan diantar pulang. Semoga apa yang dilakukan teman-teman KKN 41 bermanfaat dan menjadi pahala buat teman-teman semuanya, aamiin.

Haloooo

Di perjalanan pulang selain kami nyanyi-nyanyi mengikuti lagu yang di putar mas-mas baik, kami juga cerita-cerita dan keceplosanlah ide saya untuk mengajak liburan wajak squad (saya, Mbak Del, Frido, Alvi, dan Mbak Ucin) ke pantai tiga warna. Yang dalam updatean terakhir ini kami sudah membuat grup di line, sudah booking pantai tiga warna, dan anggota yang ikut sudah 20 orang. Hmm, ditunggu saja ya updatean berikutnya dengan cerita ala saya di blog ini, semoga tidak ada halangan ya.

Dua anak cukup ya mas?

Sampai jumpa

Semoga bahagia

You May Also Like

29 komentar

  1. Wah sepeda motoran Sidoarjo-Malang lumayan tuh, lumayan bagian belakang jadi slim kebanyakan duduk. Hehe..

    Earth hour kapan ya lupa aku? Tapi seingatku gerakan ini berguna untuk penghematan energi. Negara bisa menghemat banyak sumber daya energi. Harapannya gak cuma earth hour doang tapi selain itu juga hemat energinya juga harus dilakukan.

    Foto yg terakhir itu kayaknya ngebet banget ya, pingin nikah muda ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, earth hour bergerak dalam penghematan energi. tapi sebenernya gak hanya energi aja sih lebih ke lingkungan heheu

      haha, tau aja mas :p

      Hapus
  2. Gara gara dapet paketan berangkat dari sidoarjo ke malang dengan hati yang senang karena mau dapet surat warisan , dan ternyata yang datang ucapan idul fitri ??? busyyet dah , yang ngirim siapa tuh kira kira ?

    Kenapa enggak lewat sms atau apa gitu .. hahaha bener ebner dikerjain abnget itu.

    CMIIWW lagi magang nih , semangattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ngirim sapen aku jaman dulu wkwkkw

      yaaay, akhirnya disemangatin magang wkwk

      Hapus
  3. Gara gara dapet paketan berangkat dari sidoarjo ke malang dengan hati yang senang karena mau dapet surat warisan , dan ternyata yang datang ucapan idul fitri ??? busyyet dah , yang ngirim siapa tuh kira kira ?

    Kenapa enggak lewat sms atau apa gitu .. hahaha bener bener dikerjain banget itu.

    CMIIWW lagi magang nih , semangattt

    BalasHapus
  4. Mbak, ngomong-ngomong, ini template blognya baru ya kayaknya? lebih adem nih hehe.

    Salut deh sama Mbak, bisa bersedia meluangkan waktu dan tenaga gitu demi membagi sedikit ilmu dan sharing sama anak-anak tersebut. yaa, meski apa yang disampaikan sederhana, tapi kalau niatnya mau berbagi pasti bisa tulus dan bermanfaat hehe.

    pasti butuh energi yang ekstra juga ya menghadapi anak-anak kelas 3 gitu. harus menyesuaikan dengan pemahaman mereka supaya mereka cepat nangkap dan ngerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya, templatenya baru. soalnya bosen sama yang lama wkwk

      wiiih, iya semoga bermanfaat bagi adek-adeknya meskipun kayanya gak paham wkwk

      Hapus
  5. Hai-hai SimataKodok.. Akhirnya muncul lagi, nih... Lama banget gak update, ke mana aja? Kan kangen.. Eh. XD

    Itu seriusan sejauh itu bawa motor doang. Sampe lupa berapa lamanya. XD Tapi ngebaca ini kok gue jadi kangen masa KKN dulu, ya. Waktu itu gue juga disuruh ngajar beberapa ilmu yang gue punya.

    Memang, waktunya singkat banget, tapi sepertinya adek-adek kelas 3 itu ceria keknya. Pada serius banget pas buat karya seninya.

    Goodlah, dua anak cukup. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo, sebenernya aku sudah muncul lama tapi jarang promo wkwkkw
      sini kalo kangen ke malang :p

      iya, mereka exited gitu deh jadi kangen juga. sedi aku gak ada kkn :(

      Hapus
  6. Wih, keknya templatenya ganti yah, bener gak sih, entah, tapi beda dari yang kemaren.

    Btw, baca dari hp, kok fotonya kecil banget mb, seriusan, apa mata saya yang lagi kicer, ah bener sih ini mah, anak" lucunya gak keliatan mb, sayang sekali, gapapa lah, baca postingannya aja udah menggambarkan anak" dan suasana disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, templatenya ganti nih heheu
      fontnya kekecilan ya? aku gak tau cara ngatur fontnya maafkan :(

      Hapus
  7. Ih, kayaknya seru bisa sharing sama anak-anak sekolah dasar. Kalau di kotaku ada aku pengin ikutan ah. Keren. Lanjutakan! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ikutan aja earth hour, pasti ketagihan hehe

      Hapus
  8. sidoarjo-malang itu lumayan loh hahaha, malah dapet ucapan idul fitri doang xD

    pas awal2 baca ada EHM lalu mikir, "bukannya earthhour itu udah lama lewat ya?" eh taunya kegiatannya gak cuma matiin listrik sejam itu haha

    KKN mah paling enak emang ngajar2 anak kecil gitu, seru :3

    kunjungan pertama nih. salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya earth hour bergerak ke lingkungan jadi gak cuma matiin lampu itu aja. banyak kegiatannya hehe

      sebenernya gak kunjungan pertama, mungkin gegara jarang nongol sayanya ya hiksss

      Hapus
  9. g pernah tau rasanya KKN, hiks nasib :(
    boleh g sih acara kayak gini tuh orang luar ikutan? kadang kepingin ikutan acara beginian, jadi sukarelawan juga gitu, kan asik ya, sekalian ngisi waktu luang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak ada KKN, tapi kebetulan ada undangan hehe

      Hapus
  10. template ya mbak? bagus juga ya mbak, templatenya nyaman :D hihihi

    btw, seru juga ya mbak KKN-nya, saya belum pernah merasakan sih yang namanya KKN. huhuhu..

    dan terakhir, semoga doi cepat peka ya mbak, dua anak cukup kan? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih, alhamdulillah kalo nyaman templatenya hehe

      saya juga gak ada KKN sebenernya hiksss

      Hapus
  11. banyak kegiatan jadi rindu sekolah. hiks... bdw pantai 3 warna dimana ya?ditunggu ya ceritanya tentan pantai 3 warna... siapa tahu jadi destinasi cocok buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo melodi, pantai tiga warna di malang seatan. tunggu ya ceritanya hehe

      Hapus
  12. Aku nggak pernah KKN. NGGAK PERNAH KKN! Oke, nyantai Na. Ehm. Tapi walo nggak pernah KKN, tapi pernah ngajar anak2 juga. Jadi pernah ngrasain juga. Kadang nyenengin ato ngeselin. Ngeselin karena ya kadang bikin kesel gitu.hehe. Emang berbagi itu menyenangkan. Eh, pas pisahan lalu kangen. Ehm.

    BalasHapus
  13. Saking penasarannya sama kiriman paket terus rela2 datengin yang jarak waktunya 2 jam ya. wkwk sumpah ngakak gue, Berarti tingkat kekepoan lu udah stadium akhir hehe.

    Asik banget KKN nya cuy, Kayaknya ini berhubungan juga dengan ekskul gue dulu deh KIR. yang bahas ttg sama juga. Tau istilah 3R dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, takut isinya penting eh ternyata hiksss

      tau dong 3r, recycle reduce reuse wkwk

      Hapus
  14. Hahahha sampe balik Malang-Sidoarjo demi ucapan selama idul fitri. Setidaknya kamu udah berjuang demi sebuah paketan yang berharap isinya kenangan :"
    Wih KKN nya kayaknya seru tuh, berbagi itu sangat penting, apalagi bisa buat orang lain terhibur. Dan abis ini udah mau jalan jalan aje nih.. seru ya 20 orang lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, gak kenangan juga loh :(

      iya, banyak juga ya 20 orang wkwkkw

      Hapus
  15. wih mantep, ini baru teman kost sejati. rela balik malang - sidoarjo cuma demi membaca surat yang berisi ucapan idul fitri... keren! wahaha, dulu saya juga pernah sih ngerasain KKN, tapi versi sekolah. Namanya "live in". dulu saya sih di wonosobo... cuma 5 hari doang :)

    BalasHapus
  16. Dibalik postingan ini ada pesan, bahwa jangan buang sampah sembarangan, manfaatkan sampah sebaik mungkin. Heheh

    Wah kayaknya gue bakalan ngerasain tuh yang namanya KKN. Dan semoga aja anak2 yg udah diberi materi tersebut bisa diterapkan di kehidupan sehari2.. amiin

    BalasHapus

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)