5 Komunitas Blogger Kece Yang Wajib Banget Kamu Ikuti #FBBKolaborasi

by - 10:05:00 PM

5 Komunitas Blogger Kece yang Wajib Banget Kamu Ikuti


Tiba-tiba teringat awal kali membuat blog hanya untuk berbagi pengalaman dan cerita. Kaya sayang aja kalo suatu saat nanti ada pengalaman seru terus saya lupa. Akhirnya waktu itu saya mutusin buat bikin blog biar kalo lagi gabut, sedih, atau butuh penyemangat baca cerita masa lalu terus happy lagi.

Eh gak taunya ternyata tulisan saya gak hanya bermanfaat buat nginget-nginget masa lalu saya aja tapi juga bermanfaat buat temen-temen yang kebetulan baca. Banyaaaaak banget saya terima email dan DM instagram dari temen-temen yang baca sekedar untuk sharing kuliah atau cerita-cerita. Rasanya akutuu terharu banget bisa berbagi hanya lewat cerita. Happy is so simple itu.

Di balik kejayaaan blog saya (haha, kejayaan banget deh), ada komunitas-komunitas blogger kece yang menaungi saya sebagai newbie di dunia perblogan. Bener-bener deh, saya gak akan bisa seperti sekarang ini tanpa komunitas blogger. Saya gak bisa kenal sama temen-temen blogger yang kece badai halilintar tanpa komunitas blogger. Saya gak bisa deh tanpa komunitas blogger. Saya tuh cupuuw banget tanpa komunitas blogger. So, i will say THANK YOU SO MUCH to orang-orang yang punya ide buat mendirikan komunitas blogger.

Sebagai bentuk rasa terimakasih saya kepada komunitas blogger yang saya ikuti, saya mau meriview, hmm bukan. Mau berbagi sedikit cerita tentang komunitas blogger yang saya ikuti dan komunitas ini tuh bener-bener kece cuuy, kudu banget wajib kalian para blogger gabung ke komunitas ini.

Blogger Energy

Ini adalah komunitas blogger pertama saya. Dulu karena baru bikin blog akhirnya iseng-iseng buat cari komunitas blogger, soalnya temen-temen SMA bukan blogger jadi gak ada temen ngobrol masalah blog. Hmm, so sad sekali.

Blogger Energy ini mengusung branding sebagai komunitas PERSONAL BLOGGER dan bener-bener benci banget sama yang namanya blogger copas. Istilahnya tuh kaya mending lo curhat aja di blog daripada copas. Tujuannya diberi nama BLOGGER ENERGY karena para pendiri komunitas ini pengen banget membagikan energi positifnya ke para anggota komunitas dan para pembaca blog. Cerita lebih lanjut kepoin aja blognya si BLOGGER ENERGY.

Pas kopdar di Surabaya 2014 (?)

Bergabungnya saya di blogger energy selain dapet ilmu, saya juga dapet banyak temen baru, bahkan saya sempet ikutan tiga kali kopdar bersama Blogger Energy cabang Jawa Timur haha.

Rasanya kangen banget sama mereka, kalian lagi apa sekarang? Masih nuliskah?

Blogger Energy bener-bener guru pertama saya di dunia perblogan dari yang postingan saya cuma cerita ecek-ecek sampe akhirnya bisa bikin tulisan gemash seperti ini. Bahkan saya dulu sempet diajak sama temen blogger saya Om Elang dan teman-teman lainnya buat bikin website semacam Hipwee gitu namanya Amipop.com, tapi karena kita LDR dan sibuk banget akhirnya website itu di tutup, huhu.

Amipop.com yang telah tiada :(


Kancut Keblenger Malang

Nah, kalo ini saya gabung setelah Blogger Energy, gara-gara Mas Bayu (kakak kelas SMP) nulis tentang komunitas ini. Ternyata komunitas ini udah melalang buana di dunia perblogan dan saya baru tau dong, kaya udah telat banget huhu. Teringat dulu ganti nama FB QIQI QIUQIUE yang keramat itu jadi nama asli RIZKY ASHYA karena kalo gabung komunitas blogger ini gak boleh nama Fbnya pake nama alay huhu.

Pas kuliah saya penasaran banget sama komunitas ini karena kakak kelas saya itu sempet kopdar bareng KK Indonesia dan seru banget. Akhirnya saya kepoin deh itu grupnya, ada gak sih cabangnya di Malang. Eh, ternyata ada dong dan ketuanya untuk KK Malang temen seangkatan sendiri namanya Ramy. Namun sayang banget komunitas KK Malang jarang banget ngadain event atau kopdar dan saya pertama gabungpun pas perayaan ulang tahun KK ke berapa ya lupa haha. Dari situ saya kenal temen-temen kece kaya Ramy, Mbak Fasta, Mas Rian, Alfian, Mas Dhimas (Komik Dimsum), Fachri, Kak Eco, Kak Melani, Sophia Mega, dll.

Main pertama kita setelah acara ulang tahun, i miss you :(

Pertemanan kita gak sampai situ aja, kami juga beberapa kali main bareng. Bahkan kita sempet bikin video sama Kak Pina (ownernya KK) dan hampir main bareng ke Pantai Tiga Warna, tapi sayang banget Kak Pinanya waktu itu asam lambungnya kumat jadi kita gagal ke Tiga Warna.

Aaaah, kalian semua apa kabar? Semangat dong gais ngeblognya, grupnya juga sepi ih. Rinduu banget sama kalian.

Pas siaran di Radio Kosmonita Malang cerita tentang blog :D

Oh ya, buat komunitas ini kayanya lagi vakum ya. Di Facebooknya udah jarang banget ada updatean terbaru. Sayang sekali, padahal dari komunitas ini lahir penulis kece kaya Kevin Anggara. Komunitas ini juga sempet ngeluarin buku loh, keren bangetkan.

Blogger Perempuan

Webnya Blogger Perempuan

Saya gabung komunitas ini baru kemarin April apa Mei gitu, karena lagi semangat-semangatnya nulis dan nemu komunitas ini. Komunitas ini beda sama Blogger Energy dan Kancut Keblenger. Jadi di Blogger Perempuan kalo mau join jadi member kita register dulu di webnya, terus kita nanti kaya dikasih user id gitu buat mempromosikan tulisan kita disana.

Yah, meskipun saya belom pernah meet up sama komunitas ini tapi saya seneng banget sama komunitas ini karena dia aktif ngasih tau kita kalo ada lomba blog, malah kemarin saya dapet produk buat di riview. Kalo temen-temen mau kepoin bisa banget lihat di webnya Blogger Perempuan atau instagramnya.

Female Blogger of Bajarmasin

Selamat Ulang Tahun FBB

Ceritanya tempat kerja saya mengirimkan saya ke Banjarmasin dua bulan lalu, karena saya disini gak punya siapa-siapa akhirnya saya memutuskan untuk mencari pertemanan lewat komunitas. Pas saya searching-searching di instagram, ternyata Banjarmasin punya komunitas blog namanya Female Blogger of Banjarmasin. Gak pake ba bi bu lagi deh saya langsung follow, kepoin, dan join. Alhamdulillah, komunitas ini menerima saya apa adanya. Seneng banget akhirnya pertemanan saya gak ngulik lagi di kantor dan tentunya saya punya keluarga baru.

Hal yang membuat saya senang join di grup ini adalah adanya kegiatan rutin yang dilakukan yaitu blogwalking, FBB kolaborasi, dan instagram walking setiap minggunya. Jadi kaya kita yang join tuh tertantang buat nyempetin waktunya nulis meskipun sibuk. Obrolan di grup whatsapp juga macem-macem loh, dari bahas seputar blog sampe curhat dan nanya make up, bikin betahlah pokoknya.

Alhamdulillah ya member baru menang lomba :D

Hari Sabtu kemarin saya sempet dateng juga di eventnya FBB dalam rangka ulang tahunnya yang ke dua. Saya juga sempet ikut lomba blognya dan menang, haha. Para member FBB tuh kaya terbuka banget sama kehadiran saya sebagai member baru, jadi saya betah dan gak merasa terasing. Semoga FBB makin jaya di tahun-tahun berikutnya.

Tulisan saya inipun juga dari kegiatan rutinnya yaitu FBB Kolaborasi dalam rangka Hari Blogger Nasional. Seneng bangetlah dengan kegiatan rutinnya jadi saya mau gak mau harus nulis meskipun kerjaan banyak banget. Bulan depan mau ikutan lagi ah, biar setidaknya satu bulan saya ada nulis gitu, yah meskipun itu hasil dari FBB Kolaborasi.

Blogger Ngalam

Ini ya yang mau tau info bloggerngalam di follow aja di twitternya

Ini sebenernya tambahan aja sih. Komunitas ini kaya udah vakum beberapa tahun, tapi beberapa bulan terakhir saya lihat di twitternya lagi banyak-banyaknya ngadain event gitu. Yah, meskipun saya gak join di komunitas ini, saya tulis disini karena eventnya dia bagus banget buat diikuti para blogger terutama yang lagi ada di Malang. Mudah-mudahan saya segera dimutasi ke Malang biar bisa join sama komunitas ini hehe.

Salah satu eventnya, pengen banget ikutan :( Kenapa pas aku di Malang dulu gak ada huhu

Sebenernya kalo mau nyari itu ada banyak banget komunitas blogger diluar sana tapi saya belum sempet join, takut gak aktif aja kalo banyak-banyak. Cukup yang sudah nyaman aja dipertahankan, ya to?

Buat kamu para blogger baru atau blogger yang udah lama dan ingin menjalin tali silaturahmi dengan para blogger lainnya, bisalah gabung ke komunitas-komunitas blogger. Dijamin banyak banget manfaat yang bissa kalian dapetin dengan join ke komunitas itu.

So, nunggu apalagi? Jangan kebanyakan mikir, buruan join biar bisa kenal aku lebih lanjut #eeeh..

Oh ya, Selamat Hari Blogger Nasional untuk kita para blogger. Sempatkanlah satu dua tiga jammu untuk berbagi cerita bersama pembacamu, siapa tau mereka kangen sama tulisanmu :D

Sampai Jumpa
Semoga Bahagia

You May Also Like

9 comments

  1. Seru ya jadi blogger :D

    ReplyDelete
  2. Oooh, pantes mba Asyha sebelumnya nanya2 di grup fb apa ada komunitas blogger cewek di Banjarmasin karena memang dari awal termasuk blogger tipe berjamaah yaa.... (eh, bener ga mba Asyha yg nanya di grup tempo hari itu)

    ReplyDelete
  3. Memang sedih ya kalau komunitas blogger yang kita suka lagi vakum. Saya pertama kali bergabung di komunitas Blogger Buku Indonesia. Saya merasa nyaman banget di sana. Sayang komunitas ini juga lagi vakum sekarang. Jadi kangen.

    ReplyDelete
  4. Wah Ashya ini aslinya Malang to. Moga betah di Bjm ya. Berjamaah itu memang menyenangkan dan menguatkan tentunya. Hee

    FBB ini the first komunitas yang kuikuti. Secara, ngeblog juga baruuuu bgt. Xixiii

    ReplyDelete
  5. aku juga baru 2 tahun terakhir gabung di komunitas. selama ini lebih banyak ngeblog sendiri aja karena waktu itu susah banget nyari blogger banjar. alhamdulillah sekarang sudah ada fbb buat blogger hawa di kalsel

    ReplyDelete
  6. Kenapa kita gak ketemu pas di Malang ya Mba :')

    Btw, aku juga suka tulisannya mas Bayu. Detail banget. Semoga Bayu yg kumaksud sama nih hehe

    ReplyDelete
  7. Dengan gabung di komunitas makin banyak belajar dari yang lain, ples sering dapat teman baru hehe. Itu sih yang sering nisa rasakan manfaat kalau bergabung dengan komunitas komunitas lain heheh :))

    ReplyDelete
  8. Di tempat ku sepertinya gak ada komunitas blogger deh. ingin rasanya punya followers di blogger juga.

    ReplyDelete
  9. Duhhh baru tau kalo arema.. Waktu aku kuliah di malang dulu, ashya umur berapa yak, wkwkwkw. Berasa tua.. Semoga betah di fbb ya. Kami senang bertambah keluarga baru

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)