Kamu Seorang Ibu atau Calon Ibu? Yuk Jadi Ibu Tanggap Teknologi bersama IWITA dan FBB

by - 9:14:00 PM



Saya pernah denger, orang banyak yang bilang seperti ini:

“ Anak cerdas, itu dari Ibu”
“ Anak baik, itu dari Ibu”
“ Anak sopan, itu juga dari Ibu”
Dan demikian sebaliknya.


Maksudnya?
Maksudnya, sekolah pertama anak itu dari seorang ibu. Kalo seorang ibu mengajarkan anaknya hal-hal baik, ngajarin sopan santun, dan ngajarin hal lainnya yang mendidik kelak anaknyapun pasti akan menjadi seperti apa yang diajarkan ibunya tersebut.

Maka dari itu, peran seorang ibu sangatlah penting. Terlebih lagi dengan perkembangan teknlogi seperti sekarang ini. Apapun di Google ada. Mau itu baik, mau itu buruk, mau itu bener, mau itu salah, ada semuanya. Belum lagi kalo inget Whatsapp, banyak banget informasi hoax yang belum tau kebenarannya, gampang banget kesebar di grup-grup terutama grup-grup keluarga. Oleh sebab itu, kita semua dituntut buat tanggap dan melek teknologi, terutama Ibu. Jangan sampai aja para Ibu ngajarin salah ke anaknya gara-gara gak tau info yang dia terima bener atau salah.

Perkembangan teknologi selain membuat Ibu lebih waspada karena banyaknya info hoax, ternyata ada juga dampak positifnya. Seperti lebih banyaknya situs web yang menyediakan video pembelajaran yang menarik, games edukatif yang bermacam-macam, dan tentunya tempat para ibu-ibu berbagi informasi tentang pengalamannya melalui forum-forum diskusi. Seperti contohnya di web Popmama.com (cerita tentang POPMAMA), disana para ibu bahkan calon ibu bisa mendapatkan banyak info. Dari artikel-artikel tentang ibu dan anak, tools yang bisa memberi tahu masa subur, ide nama untuk anak, dan juga video pembelajaranpun ada juga disana. Belom lagi di Youtube, banyaaaaak banget video pembelajarannya seperti di channel Pinkfong Kids Song and Stories, heyblo, dll.

Tampilan web POPMAMA

Coba bayangkan kalo seorang ibu jaman NOW gaptek dan gak tanggep teknologi? Pasti bakalan ketinggalan zaman banget dan dampaknya pasti ke anak juga. Gak mau kan jadi golongan ibu-ibu gaptek itu? Hmm, pastinya gak maulah.

Ngomongin tentang Ibu dan Teknologi, saya teringat sebuah organisasi yang bernama IWITA (Indonesia Women Information TechnologyAwareness).  

Hmm, organisasi semacam apa itu IWITA?
Jadi IWITA ini merupakan organisasi yang memiliki tujuan mencerdaskan perempuan Indonesia melalui Teknologi Informasi mengingat pentingnya peran perempuan sebagai ibu dan calon ibu yang nantinya membentuk generasi bangsa. Pastinya sesuai harapan kita semua, generasi yang terbentuk adalah generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.

Di follow biar tau info terbaru dari IWITA

Bagaimana IWITA bisa mencapai tujuannya?
Banyak cara yang telah dilakukan IWITA dalam rangka mencapai tujuannya tersebut seperti mengadakan seminar-seminar, workshop, kampanye online melalui instagram dan youtube, dll.
Beberapa contoh seminar yang telah dilakukan IWITA :



Ssst, ada videonya juga loh. Ditonton ya hehe


Dari seminar-seminar yang diadakan IWITA itu, harapannya mampu membuka mata hati dan batin para perempuan untuk melek teknologi dan tentunya meskipun menjadi ibu tetap bisa produktif dengan adanya teknologi.

Caranya? Banyakkk.

Ibu rumah tangga bisa aktif bercerita melalui blog atau bahasa kerennya jadi blogger seperti blog Nyakrotun yang suka berbagi pengalaman mengenai merawat anak dan hal-hal mengenai rumah tangga lainnya. Selain membagikan pengalaman, dan bertukar pikiran, siapa tau ada yang tertarik dengan tulisanmu dan akhirnya menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mayankan buat beli susu anak hehe

Ibu rumah tangga bisa aktif juga membagikan momen di instagram. Seperti halnya Ibu Retno Hening yang awalnya membuat instagram hanya untuk membagikan momen Kirana (anaknya) yang tinggal di luar negri untuk keluarganya di Indonesia, ternyata momen dan caption Ibu Retno Hening sangat menginspirasi dan bermanfaat bagi ibu-ibu lain. Selain bisa sharing, juga bisa menambah pertemanan dan kenalan baru.

Siapa disini yg follow juga?

Dengan teknologi juga, para ibu bisa berbagi tips memasak, membuat DIY, dan banyak hal lainnya lewat Youtube. Pokoknya, banyak banget deh hal-hal yang bisa mengasah keproduktifan seorang ibu lewat perkembangan teknologi ini

Benarkan, kalo kita melek teknologi banyak banget manfaat yang akan kita dapat seperti informasi, kenalan baru, gak ketinggalan berita terkini, dan khususnya untuk seorang ibu akan mendapatkan cara-cara baru dalam mendidik anaknya sesuai dengan perkembangan zaman. Yah biar gak dikatain “orang tua kolot”.

Oh ya, buat ibu-ibu yang suka ngeblog dan lagi ada di Banjar bisa banget loh join ke salah satu komunitas blog yang namanya Female Blogger of Banjarmasin. Disana selain tempat ngobrolin blog, kalian juga bisa banget sharing, dan banyak banget kegiatan yang diadain si FBB ini. Oh ya, gara-gara FBB saya juga sedikit rajin ngeblog meskipun kerja pulang jam 10 malem dan hari sabtu masuk, hehe kok jadi curhat.

Selamat Ulang Tahun FBB :)

Dan bulan ini FBB merayakan ulang tahunnya yang ke dua. Tema acara ulang Tahun FBB yang kedua adalah Blooming Up. Dengan tema tersebut harapannya kita sebagai perempuan masa kini yang sudah jadi ibu dan calon ibu bisa mengembangkan produktifitas dan kemampuan kita seperti bunga yang sedang mekar. Semoga tercapai ya, aamiin.

Diacara ulang tahun FBB yang dilaksanakan di Fave Hotel itu juga diadakan flash blogging dimana kita para blogger ditantang untuk menunjukkan kemampuan menulis kita. Dalam acara tersebut didukung oleh IWITA sebagai bentuk dukungan IWITA terhadap blogger yang sudah melek akan teknologi.

Semoga dengan adanya organisasi seperti IWITA dan FBB, semakin banyaklah perempuan-perempuan diluar sana terutama ibu-ibu makin tanggap akan teknologi dan gak menutup sebelah mata akan perkembangan teknologi agar nantinya generasi penerus bangsa ini juga memiliki pikiran yang maju sesuai dengan perkembangan zaman.

Teknologi itu seperti api.
Kalo kita bisa memanfaatkannya dengan baik, maka akan jadi sahabat.
Namun kalo kita salah memanfaatkannya, maka akan jadi musuh.

Jadi, sudah siapkah kamu gabung bersama kami para perempuan yang tanggap teknologi?

Sampai Jumpa
Semoga Bahagia

You May Also Like

13 comments

  1. Selamat ulang tahun FBB, semoga semakin sukses :)

    ReplyDelete
  2. Milad FBB kali ini spesial. Didukung oleh IWITA! Ke depannya pasti efeknya positif nih, yg jelas menginspirasi bagi para perempuan banua untuk menggunakan IT dengan baik & bijak.

    ReplyDelete
  3. Sepakat, ibu sebagai pendidik pertama dan utama harus melek IT. FBB dan Iwita kolaborasi yang bikin para ibu tambah cerdas.

    ReplyDelete
  4. setuju bgt.ibu emang yg utama sbg pendidik.jangan sampai deh ya kita gatek wlau emak emak hehe

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran dg IG ibu Retno Hening. Cuss kepoin. Hehe. Calon ibu jg harus mulai belajar memanfaatkan teknologi utk perkembangan anak2 ya.

    ReplyDelete
  6. Peran ibu memang sangat penting banget.

    Mbak Asya sampai ketemu di acara FBB ya. :)

    ReplyDelete
  7. Saya calon ibu, sampai ketemu mba Asya di ultah FBB

    ReplyDelete
  8. Antara siap dan gak siap ya, perkembangan teknologi harus tetap di hadapi dengan cerdas

    ReplyDelete
  9. Bener banget. Ibu bisa ttp eksis n produktif dg adanya teknologi. Kdg sebelnya itu suka ditanya ttg penghasilan ngeblog, nge-buzz. Padahal ini bukan ttg produktif krn materi. Tp tentang ikhlasnya kita berbagi.

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget, suka tulisannya!❤️
    Kita perempuan dan (calon) ibu seyogyanya memang harus bisa memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi dengan sebaik mungkin ya :)

    ReplyDelete
  11. Pas banget untuk bekal kita kedepannya

    ReplyDelete
  12. Perempuan tanggap teknologi. Keren mbak. Suka membacanya.

    ReplyDelete
  13. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)