[BPN 30 Day Blog Challenge 2018 - Day 5] 10 Sosial Media Yang Keren Pada Zamannya

by - 8:33:00 PM



Sebagai makhluk sosial kita tak bisa lepas dari adanya sosial media. Dan tanpa kita sadari semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula sosial media yang hadir ditengah kehidupan kita. Seperti kita, sosial media tersebut juga mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan menyesuaikan kebutuhan manusia dan tentunya perkembangan zaman. Jika sosial media tidak bisa tumbuh dan berkembang maka mereka akan dianggap jadul dan tentunya kita tidak akan memakainya lagi. Dampaknya? Tidak lama mereka akan tergeser dengan sosial media baru dan akhirnya punah.  Beberapa sosial media yang punah tapi sebenernya mereka sangat NGE-HITS pada zamannya yaitu

Friendster, Background Blink-blink Makin Asik

Tampilan profil friendster

Hayo, siapa disini yang dulu punya friendster? Kalo saya sih punya. Sosial media yang hits banget sejak tahun 2006 ini adalah sosial media pertama saya. Saya masih inget banget dulu suka gonta-ganti background profil biar keren gitu, suka ngasih tulisan gliter di profil, bikin gif-gif gitu, sampai yang saya inget itu suka ngasih-ngasih testimoni di profil temen. Rasanya dulu main friendster aman sentosa, gak ada berita hoax dan gak ada tuh haters. Kita juga bisa cek-cek siapa aja yang ngepoin akun kita. Denger-denger friendster mulai bangkit lagi loh dengan nama alamat Friendster.id . Saya belum coba sih buat akun disana, mungkin kalian yang penasaran bisa langsung bikin akunnya untuk bernostalgia.

MySpace, Lebih Dekat dengan Artis Idola

Ini tampilan MySpace

Buat kamu yang hobi musik, pasti dulu sempet mengenal MySpace? Saya dulu sempet bikin karena iseng-iseng aja. Eh, ternyata sosial media ini fungsinya untuk memperlihatkan kemampuan musik kita bahkan bisa juga untuk ajang promosi. Produsen dari MySpace adalah News Digital Media yang dimiliki oleh News Corporation, pantas saja dulu MySpace ini bisa jadi sosial media yang menghubungan penggemar dan artis idolanya. Banyak banget loh artis yang memiliki MySpace dan benar-benar artis itu sendiri yang memegang akun dari media sosialnya.

Multiply, Gak Cuma Cari Teman Tapi Juga Bisa Jualan

Tampilan Multiply

Saya sempet juga memiliki akun yang satu ini, cuma gak terlalu aktif seperti di Friendster karena memang teman-teman banyak yang memiliki akun di Friendster. Di sosial media ini selain kita bisa mencari teman kita bisa juga berjualan, berbagi konten video, dan artikel. Menarik sih sebenernya konsep Multiply ini, namun sayang harus tergeser dengan sosial media lain. Ada cerita tentang Multiply yang sempet saya baca, mereka membuat komunitas di Multiply dan masih berhubungan sampai sekarang. Bahkan komunitas itu isinya orang-orang hebat seperti Nina Tamam yang tetep menyempatkan waktunya untuk gabung kopdar dengan komunitas tersebut. Andai waktu itu saya sudah dewasa ya, jadi saya bisa menggunakannya dengan baik dan maksimal, gak sembarangan asal bikin dan pakai.

Mig33, Chattingan Sampai Bertemu Jodoh

Lucu juga tampilan Mig33

Karena jaman SMP kelas satu handphone saya belum ada internetnya, jadi saya gak sempet main si Mig33 ini. Tapi nomer saya selalu jadi sasaran temen-temen saya buat daftar, berkali-kali ada sms dari Mig33 konfirmasi pendaftaran akun dari temen saya. Sempat heboh sosmed ini waktu dulu, ku ingat sekali kalo teman-teman saya mainnya gak pakai nama tapi pakai id. Salah satu ID temen saya yang teringat adalah Bogiezz dan entah apa yang dilakuin dia, dia terkenal sekali dikalangan kakak kelas. Dan di sosmed ini banyak sekali yang cinlok, tiba-tiba jadi terkenal, dan kadang musuhan juga ada.

Foursquare, Berbagi Tempat Dimana Kita Berada

Profil Foursquare

Sosial media ini sempat hits pada tahun 2009an. Di sosmed ini kita bisa berbagi tempat dan review mengenai suatu tempat, restoran, toko, dll. Saya belum sempat sih mencoba sosial media satu ini, pernahnya pas di google cari tempat terkadang keluar review dari Foursquare. Sampai sekarang foursquare masih ada, namun sudah menurun drastis daripada tahun awal lahirnya.

Koprol, Si Hijau Asli Indonesia

Homenya si Koprol

Ah, sosial media satu ini dulu sering sekali saya mainkan karena dia mudah dan hampir mirip dengan twitter. Bedanya dia bisa replay status langsung seperti twitter sekarang (dulu twitter belum bisa replay langsung). Oh ya, Koprol ini sosial medianya orang Indonesia yang didukung langsung oleh Yahoo. Namun sayang sekali sekarang Koprol sudah gak ada, kalo kalian cari di google koprol yang warnanya biru bukan yang saya maksud. Entahlah, mungkin ada orang yang membuat sosial media baru dengan nama Koprol.

Plurk, Mari Mengumpulkan Karma

Profil Plurk saya, memalukan sekali namanya haha

Sosial media satu ini mungkin yang sampai sekarang masih bertahan ya, tapi sayang penggunanya juga sudah semakin jarang. Teringat dulu saya sering banget curhat di Plurk biar bisa naikin Karma di Plurk. Tapi sebenernya saya juga gak tau kalo misalkan nanti Karma saya tinggi saya bakalan dapetin apa. Pokoknya seneng aja dulu main Plurk buat curhat karena temen saya jarang banget yang main ini jadi bisa ngomong apa saja unek-unek dihati ini. Sayang, karena lama gak digunain karma saya di Plurk jadi 0 hiks.

Tumblr, Tempatku Mencari Foto Idola dan Inspirasi

Dashbord dari Tumblr

Kalo Tumblr sebenernya sampai sekarangpun masih ada, cuma penggunanya aja yang sudah jarang. Bahkan di Indonesia Tumblr sudah di blacklist karena adanya konten-konten dewasa ++. Sedih sekali padahal dulu saya sering banget nyari gambar-gambar idola saya One direction atau korea dari Tumblr. Di Tumblr juga banyak tulisan-tulisan bagus dan ide dekorasi menarik tapi sayang banget sebagai pengguna Indonesia saya gak bisa mengaksesnya lagi.

Snapchat, Selalu Menawarkan Filter yang Unik

Si Kuning Snapchat

Siapa yang dulu suka banget bikin video pakai filter anjing melet? Atau filter kucing? Ketahuan banget kalo penggemar snapchat. Sosial media ini hits sekali pada zamannya, sampai-sampai saya ikutan download dan bikin akun. Ini juga sosial media pertama yang memperkenalkan live story yang kemudian diadopsi oleh instagram menjadi instastory. Beruntung banget saya dulu mengenal snapchat bisa mencoba berbagai filter lucu, sepertinya filter di snapchat sekarang lebih banyak dan lucu agar para penggunanya gak lari dan tetap menggunakan sosial media ini.

Path, Gak Hanya Berbagi Tempat Tapi Juga Musik, Buku, dan Film favorit

Kalo ndak ada path saya gak akan ingat kapan momen momen saya bagikan huhu

Ah, sosial media ini bulan kemarin mengumumkan dengan resmi tentang kepergiannya dari dunia ini. sayang sekali, kenapa tidak memperbaiki dan mengembangkannya biar pada tertarik kembali ke Path? Sayang sekali banyak memori yang saya abadikan di Path. Di Path saya bisa berbagi lokasi, lagu, buku, bahkan film favorit. Path dan instagram dua hal berbeda, saya masih membutuhkan Path. Sedih sekali kalo harus undur diri seperti ini. Waktu itupun saya sempatkan buat screenshotin momen indah yang ada di Path, karena gak bakalan lagi bisa buka aplikasi ini. sedih, tapi saya bisa apa.

Itu beberapa sosial media yang pada zamannya nge-HITS sekali tapi sekarang ada yang redup bahkan ada juga yang telah menghilang dari peradaban ini. Sedih sih, tapi saya bisa apa. salut juga buat sosial media yang sampai sekarangpun masih bertahan seperti Twitter dan Facebook. Bahkan Twitter sekarang mulai ramai lagi asalkan kalian mau bersih-bersih following dan mencari following baru pasti twitter kalian bisa lebih menarik lagi.

Sampai jumpa
Semoga bahagia

You May Also Like

6 comments

  1. Haduh, Path mengundurkan diri ya? Whoaaaa, sedihnya. Pantas ya rasa-rasanya saya tidak pernah meng-uninstall path saya, tapi kok tiba-tiba hilang. Waktu itu pikiran saya mungkin saya nggak sengaja ke-uninstall. Tapi ternyata memang sudah tidak ada lagi ya, hiksss, *nangis*.

    ReplyDelete
  2. Dari semua itu aku gak tau sama koprol dan plurk. Wkwkwk.. Berarti aku kurang hits masa itu. Bwahaha

    ReplyDelete
  3. wah dirimu update bgt sosial media yang unik2 hahahahaha...kalau aku taunya yg umum2 aja wkwkw...
    mungkin sayah kurang gaulll #ngaku.com

    ReplyDelete
  4. Eny paling fav sama path loh �� dan kangen bgt wkk

    ReplyDelete
  5. Diantara semua it entah knp ak plg terkenang sm mig33. Zaman sma baru kenal internet itu. Berasa senangnya sampe skrg. Haha

    ReplyDelete
  6. Daei sekian banyak itu, ga ada yg aku bisa main. Beberapa akun ada aku bikin tetapi cuma sekedar bikin. Hehe Dulu bukan anak yg suka main sosmed.

    ReplyDelete

Seperti didengarkan jika kamu memberi komentar :)